24-07-1965: Empat Jet Tempur AS Ditembak Jatuh di Vietnam

Jet Tempur AS, F-4 Phantom.
Sumber :
  • www.ejection-history.org.uk

VIVA.co.id – Hari ini 51 tahun silam., dalam peperangan di udara, empat jet tempur F-4C Phantom Amerika Serikat ditembak dari situs peluncuran rudal yang tak diketahui.

25-07-1969: Doktrin Nixon Bendung Imbas Perang Vietnam

Jet tempur itu bertugas mengawal pembentukan formasi pembom AS untuk menyerang gudang fasilitas amunisi di Kang Chi, 55 mil barat laut dari Hanoi, Vietnam Selatan.

Melansir situs History, ini merupakan kali pertamanya musuh (Vietnam Utara) meluncurkan rudal antiserangan udara ke pesawat AS. Atas serangan tersebut satu pesawat hancur dan tiga lainnya rusak.

03-03-1971: Green Berets Purnatugas di Vietnam

Kehadiran rudal anti pesawat tanah ke udara, mewakili meningkatnya pertahanan udara Vietnam Utara. Ketika perang berlangsung, Vietnam Utara mendapat pasokan penuh dari China dan Uni Soviet.

Sistem pertahanan udara Vietnam Utara ini ternyata sangat efektif dan terintegrasi, sehingga terbukti menjadi tantangan berat Paman Sam selama melakukan misi dalam Perang Vietnam.

11-2-1962: Pesawat Jatuh, 9 Awak Tewas di Vietnam Selatan

Militer Amerika Serikat melancarkan operasi militer pertama ke Vietnam Selatan dengan mengerahkan 3.000 personel dari Brigade-173 Lintas Udara dengan dibantu 800 personel militer Australia.

Pasukan diterjunkan di area hutan yang dikenal sebagai Viet Kong Zona D, 20 mil timur laut dari Saigon, Ibu kota Vietnam Selatan.

Pada Februari 1965, AS mengirim pasukan dari batalion rudal pertahanan udara Marinir ke Da Nang, Vietnam. Pengiriman ini bertujuan untuk melindungi pangkalan udara milik Negeri Paman Sam.

Pengiriman pasukan ini sekaligus sikap resmi AS dalam mendukung Republik Vietnam (Selatan) untuk memerangi Republik Demokratik Vietnam (Utara).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya