Hillary Clinton Resmi Tunjuk Tandemnya Menuju Kursi Presiden

Kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat, Hillary Clinton. Ia membatalkan rencana kampanye di California karena terkena paru-paru basah.
Sumber :
  • REUTERS/Scott Audette

VIVA.co.id – Kandidat presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, telah menunjuk senator Virginia Tim Kaine sebagai cawapres pilihannya. Sebelumnya kandidat lain dari Partai Republik Donald Trump juga telah memilih tandemnya.

AS Waspadai Serangan Teroris dari Orang-orang Kecewa Hasil Pilpres

Clinton membuat pengumuman via Twitter dan pesan tertulis yang ditujukan kepada para pendukungnya di sela-sela kesibukannya menggelar kampanye di Florida. Kane menyingkirkan beberapa kandidat kuat lain seperti Menteri Pertanian, Tom Vilsack.

"Saya merasa senang menjadi orang pertama yang mengatakan, saya memilih senator Tim Kaine sebagai cawapres saya. Selamat untuk dia masuk dalam tim saya," kata Hillary dilansir Reuters, Jumat malam, 22 Juli 2016 waktu setempat.

Catatan SBY soal Drama Politik AS yang Bisa Dipetik Pecinta Demokrasi

Sinyal akan terpilihnya Kaine sebagai tandem Hillary sebenarnya telah terlihat saat istri dari Bill Clinton itu melayangkan beberapa pujian langsung untuk sosok pria berusia 58 tahun itu dalam beberapa wawancara dengan media.

"Saya suka dengan dia (Kaine). Dia tidak pernah kalah dalam pemilihan. Dia wali kota, gubernur dan senator kelas dunia. Setahu saya, ia senator yang paling dihormati," kata Hillary kepada Charlie Rose dari CBS News and PBS.

Partisipasi Masyarakat di Pilkada 2020 Lebih Tinggi dari Pilpres AS

Sebagai catatan, sebelumnya kandidat dari Partai Republik Donald Trump lebih dulu telah mengumumkan cawapresnya. Sosok kontroversial ini memilih Gubernur Indiana, Mike Pence sebagai tandemnnya untuk menuju kursi presiden.

Kepala Eksekutif Facebook, Mark Zuckerberg.

Pilpres Bikin Facebook Alergi Politik

Kepala Eksekutif Facebook, Mark Zuckerberg, sedang memikirkan cara baru membuat konten politik kurang terlihat di platformnya.

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2021