Menlu RI Ajak Negara ASEAN Hadapi Ancaman Keamanan

Menlu RI, Retno LP Marsudi.
Sumber :
  • Reuters/Darren Whiteside

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dalam pertemuan ASEAN Ministerial Meeting (AMM) menyampaikan perlunya negara anggota ASEAN untuk bersama mengatasi ancaman keamanan non tradisional di perairan kawasan.

30 Nelayan Indonesia Ditahan Pihak Australia Gegara Illegal Fishing

Menlu menjelaskan, beberapa ancaman tersebut antara lain illegal fishing atau penangkapan ikan ilegal (IUU Fishing), pembajakan, perdagangan dan penyelundupan manusia, serta perampokan bersenjata.

"Kesatuan dan sentralitas ASEAN sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan regional dan menggali potensi kerja sama untuk mewujudkan ASEAN Community serta mencapai visi ASEAN 2025," kata Menlu Retno di sela AMM ke-49 di Laos, melalui keterangan pers, Senin, 25 Juli 2016.

Tantangan Indonesia Sebagai Ketua ASEAN 2023

Secara khusus, Indonesia menggarisbawahi ancaman multi sektor penangkapan ikan ilegal yang tidak hanya berdampak negatif terhadap kesejahteraan ekonomi regional. Namun, juga merusak lingkungan dan mengganggu stabilitas serta keamanan kawasan.

"Mata dunia sedang melihat ASEAN, ini merupakan momen penting bagi ASEAN untuk bicara, bertindak dan bergerak secara kohesif," kata Retno.

Di Tengah Perundingan Batas ZEE, Kapal Vietnam Langgar Kedaulatan RI
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko

Polri Tangkap Kapal Asing yang Lakukan Illegal Fishing, Sita Barang Bukti 200 Kg Ikan

Petugas Polri mengamankan empat orang awak kapal asing tersebut.

img_title
VIVA.co.id
6 Maret 2024