TUTUP
TUTUP
DUNIA

Menlu RI Ajak Negara ASEAN Hadapi Ancaman Keamanan

Ada ancaman illegal fishing, pembajakan, dan perdagangan manusia.
Menlu RI Ajak Negara ASEAN Hadapi Ancaman Keamanan
Menlu Retno LP Marsudi. (Reuters/Darren Whiteside)

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dalam pertemuan ASEAN Ministerial Meeting (AMM) menyampaikan perlunya negara anggota ASEAN untuk bersama mengatasi ancaman keamanan non tradisional di perairan kawasan.

Menlu menjelaskan, beberapa ancaman tersebut antara lain illegal fishing atau penangkapan ikan ilegal (IUU Fishing), pembajakan, perdagangan dan penyelundupan manusia, serta perampokan bersenjata.

"Kesatuan dan sentralitas ASEAN sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan regional dan menggali potensi kerja sama untuk mewujudkan ASEAN Community serta mencapai visi ASEAN 2025," kata Menlu Retno di sela AMM ke-49 di Laos, melalui keterangan pers, Senin, 25 Juli 2016.

Secara khusus, Indonesia menggarisbawahi ancaman multi sektor penangkapan ikan ilegal yang tidak hanya berdampak negatif terhadap kesejahteraan ekonomi regional. Namun, juga merusak lingkungan dan mengganggu stabilitas serta keamanan kawasan.

"Mata dunia sedang melihat ASEAN, ini merupakan momen penting bagi ASEAN untuk bicara, bertindak dan bergerak secara kohesif," kata Retno.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP