TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Rusia Kirim Kapal Induknya ke Laut Mediterania

Gugus tempur ini akan bertugas selama empat bulan.
Rusia Kirim Kapal Induknya ke Laut Mediterania
Kapal Induk Admiral Kuznetsov. (rusnavy.com)

VIVA.co.id - Angkatan Laut Rusia akan mengerahkan gugus tempur armada Kapal Induk Admiral Kuznetsov ke Laut Mediterania dari Armada Laut Hitam, untuk jangka waktu empat bulan pada tahun ini.

Pernyataan ini seolah membenarkan informasi dari sebuah sumber di internal militer Rusia pada Juli lalu. Sumber tersebut mengatakan bahwa Rusia bakal mengerahkan kapal induk satu-satunya ke Laut Mediterania tidak lebih cepat dari Oktober 2016.

"Kapal akan berangkat menjelang akhir tahun. Gugus tempur kapal perang ini akan terdiri dari kapal skrining (taktis) dan kapal selam nuklir. Satuan ini akan bertugas selama 3-4 bulan," kata mantan Panglima Armada Laut Hitam Rusia, Laksamana Igor Kasatnov, seperti dikutip situs Sputniknews, Kamis, 28 Juli 2016.

Ia menambahkan bahwa sampai titik tertentu, gugus tempur itu akan dikawal oleh pesawat anti kapal selam IL-38, pesawat jarak jauh Tu-143, dan pembom strategis Tu-160.

Kapal Induk Kuznetsov dibangun di Galangan Kapal Mykolaiv Selatan, satu-satunya produsen kapal induk Uni Soviet, dan diluncurkan pada 1985. Kapal induk ini mulai beroperasi penuh pada 10 tahun kemudian.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP