TUTUP
TUTUP
DUNIA

Indonesia Dukung Sentralisasi ASEAN

Masyarakat ASEAN perlu disiapkan untuk memasuki globalisasi.
Indonesia Dukung Sentralisasi ASEAN
Logo ASEAN di UGM, Yogyakarta. (ANTARA/Andreas Fitri Atmoko)

VIVA.co.id - Pada pertemuan ASEAN Ministerial Meeting (AMM) awal pekan ini, negara-negara anggota ASEAN sepakat berkomitmen penuh dan secara efektif mengimplementasikan Visi ASEAN 2025. Pertemuan ini juga membahas pandangan isu mengenai kawasan dan internasional.

"Terdapat tiga pilar utama yang dibahas dalam pertemuan ini antara lain Keamanan ASEAN, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan sosial budaya antara negara ASEAN. Selain itu juga mendorong perdamaian, keamanan dan stabilitas di kawasan," kata Direktur Politik dan Keamanan ASEAN Chandra Widya Yudha di Jakarta, Kamis, 28 Juli 2016.

Selain itu, Chandra mengatakan, dalam pertemuan AMM ke-49 ini, Indonesia melalui Menlu RI juga terus mendorong konsolidasi sentralisasi ASEAN, memprakarsai ASEAN joint statement, yang bertujuan untuk mempertahankan kedamaian dan keamanan di kawasan.

"Prakarsa Indonesia ini tentunya mendapatkan dukungan penuh dari negara anggota ASEAN, yang terus berkomitmen terhadap perkembangan politik dan keamanan di kawasan akhir-akhir ini," ujarnya.

Terkait mempersiapkan Masyarakat Ekonomi ASEAN yang semakin terbuka ke depannya, masih ada beberapa hal yang dibahas, terutama kerja sama mengenai isu ekonomi, teknologi, transportasi, komunikasi dan banyak hal lainnya.

"Hal ini menjadi perhatian agar secara maksimal mempersiapkan masyarakat ASEAN memasuki globalisasi dan diharapkan dapat mendorong kontribusi dalam menangani tantangan global," ujarnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP