Data Kampanye Hillary Clinton Dibobol

Hillary Clinton bersama pendukungnya di Boston, Massachusetts.
Sumber :
  • Reuters/Jonathan Ernst
VIVA.co.id
Tanggapan Muslim di Afrika atas Menangnya Trump
- Jaringan komputer tim kampanye kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, kembali diretas. Hal ini menyusul dua serangan siber yang terjadi beberapa waktu terakhir di kubu Hillary.

Tebakan Beruang Putih 'Peramal' Soal Trump Benar

Salah satu juru bicara kampanye Clinton mengatakan dalam sebuah pernyataan, program analisis data yang dikelola Democratic National Committee (DNC) dan digunakan untuk kampanye kini tengah diselidiki.
Bursa Asia Pasifik Tertekan Dinamika Pilpres AS


"Sistem komputer kampanye kami tengah dikaji oleh ahli keamanan cyber. Hingga kini mereka telah menemukan bukti bahwa sistem internal kami telah diretas," ujar jubir kampanye Clinton, Nick Merrill, dilansir dari
Reuters
, Sabtu, 30 Juli 2016.


Sebelumnya, pejabat intelijen Amerika menyimpulkan, pelaku peretasan terhadap kubu Demokrat merupakan warga negara Rusia, yang memperoleh akses ke seluruh jaringan penggalangan dana Komite Kampanye Kongres Demokrat (DCCC).


Peretas diperkirakan telah mengakses program analisis DNC selama kurang lebih lima hari. Program analisis data DNC merupakan salah satu dari banyak sistem kampanye, yang digunakan untuk menganalisis data pemilih, nomor jaminan sosial, bahkan nomor kartu kredit.


Terkait hal ini, Kementerian Kehakiman AS tengah menyelidiki apakah serangan siber ini bisa mengancam keamanan AS. Meski demikian, belum diketahui secara detil materi apa yang telah dicuri peretas dari jaringan. (ase)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya