TUTUP
TUTUP
DUNIA

01-08-2007: Citibank Resmikan ATM Drive-Thru di China

Dampak WTO, China meliberalisasi sektor perbankan.
01-08-2007: Citibank Resmikan ATM Drive-Thru di China
Citibank drive-thru ATM di Beijing, China. (www.citi.com.cn)
VIVA.co.id - Hari ini sembilan tahun lalu. Perbankan asal Amerika Serikat, Citibank, kali pertama membuka layanan anjungan tunai mandiri tanpa harus turun dari kendaraan (drive-through atau thru ATM) yang berlokasi di Upper East Side Central Plaza di Beijing, Ibu kota China.

Melansir situs History, pada Desember 2006, lima tahun setelah bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), China membuka sektor perbankan ritel terhadap investor asing.

Di bawah peraturan baru perbankan Tirai Bambu, Citibank menjadi satu dari empat bank asing yakni HSBC, Standard Chartered dan Bank of East Asia, yang disetujui untuk memberikan layanan perbankan menggunakan mata uang China, renminbi (RMB/berarti uang rakyat).

Perjanjian tersebut telah ditandatangani pada musim gugur 2006, dan pada awal Desember di tahun yang sama, Citibank langsung membuka 70 ATM biasa di seluruh daratan China.

Awalnya, Citibank drive-through ATM yang dibuka di Beijing pada awal Agustus 2007 ini hanya untuk pemegang kartu bank diterbitkan di luar negeri.

Kebijakan ini diterapkan sama seperti bank-bank asing lainnya, karena belum mendapat izin regulator untuk menerbitkan kartu mereka sendiri di China.

Dengan Citibank membuka ATM "tanpa antre" perbankan lainnya juga berlomba-lomba melakukan hal serupa.

Akhirnya, pada Mei 2008, China Construction Bank (perbankan milik negara), ikut meresmikan drive-through ATM pertamanya di kota Guangzhou, China Selatan. (ase)
KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP