TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Korban Ledakan Bom di Baghdad Jadi 324 Orang

Jumlah ini dua kali lipat lebih banyak dari korban bom Paris.
Korban Ledakan Bom di Baghdad Jadi 324 Orang
Saat pasukan Irak berhasil menguasai Universitas Anbar dari ISIS, Juli 2015. (REUTERS / Stringer)

VIVA.co.id - Sebuah bom bunuh diri yang meledak di Baghdad pada 3 Juli, atau hanya beberapa hari menjelang hari raya Idul Fitri ternyata menghilangkan ratusan nyawa.

Hampir satu bulan setelah ledakan, terhitung 324 orang tewas. Korban terbanyak adalah perempuan dan anak-anak.

Serangan tersebut terjadi di sebuah pusat perbelanjaan di distrik Karrada, pusat kota Baghdad. Distrik ini adalah wilayah yang didominasi oleh kaum Syiah di Irak. Bos meledak saat pusat belanja tersebut penuh dengan keluarga yang sedang berbelanja untuk keperluan menyambut hari raya.

Kelompok militan ISIS mengaku bertanggungjawab atas ledakan tersebut. Mereka menegaskan ledakan itu adalah balasan dari aksi pemerintah Irak yang secara besar-besaran berusaha melemahkan penguasaan ISIS atas kota-kota di Irak.

ISIS mulai kehilangan kekuatan mereka di Irak setelah pemerintah AS mendukung kekuatan pemerintah Irak, dan Iran mendukung kekuatan militer Syiah. Namun ledakan tersebut membuat tersentak pemerintah Irak karena terjadi justru di pusat kota Baghdad.

Pada tanggal 7 Juli, pemerintah Irak mengumumkan jumlah korban sebanyak 292 orang. Namun Menteri Dalam Negeri Irak Adela Hmoud mengatakan, jumlah tersebut kini bertambah, setelah tim forensik terus melakukan identifikasi jasad korban. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP