Cara Unik Anak Suriah Halau Serangan Bom Jet Tempur

Hastag #Aleppoundersiege
Sumber :
  • twitter.com/hashtag/AngerforAleppo

VIVA.co.id - Sekelompok anak-anak di Aleppo, Suriah, memiliki inisiatif yang luar biasa untuk menciptakan zona larangan terbang di atas kota yang terkepung akibat perang saudara itu.

Melansir situs BBC, Selasa, 2 Agustus 2016, mereka 'mendirikan tirai dari asap' dengan cara membakar ban yang tujuannya menghambat visibilitas dari pesawat tempur yang telah melaksanakan serangan bom.

Rami Jarrah, seorang wartawan perang yang meliput peristiwa berdarah di Suriah, mengatakan bahwa tindakan anak-anak itu sangat efektif.

"Ini (asap hasil bakar ban) menyebabkan kebingungan bagi pilot jet tempur untuk menjatuhkan bom. Cara ini juga bertujuan untuk memecahkan pengepungan," kata Jarrah.

Ia melanjutkan, tak hanya anak-anak, 'acara bakar ban' ini juga dilakukan oleh orang dewasa. Mereka sepakat berpartisipasi melakukan perlawanan dengan cara yang berbeda.

"Apa yang dikerjakan oleh anak-anak ini benar-benar efektif dan tepat sasaran," ujarnya.

Selain itu, Jarrah juga turut mempromosikan serangkaian hashtag di Twitter untuk mencoba membangun momentum, termasuk #AngerForAleppo dan #AleppoUnderSiege.

Sebuah organisasi kemanusiaan menyatakan bahwa 25 ribu warga sipil diyakini masih tinggal di daerah yang dikuasai pemberontak itu.

Wilayah Aleppo yang dikuasai pemberontak telah dibombardir pasukan pro-pemerintah Suriah.

Namun, mereka tak menyerah dan melancarkan serangan balik untuk mencoba memecahkan pengepungan.

Dua Mantan Vokalis Band Gelar Konser Peduli Aleppo
Situasi Suriah saat ini. 17 WNI diduga masih terjebak di wilayah perang tersebut.

Amerika Bantah Bom Masjid di Aleppo, Suriah

Menurut Pentagon, yang diincar adalah markas al-Qaeda, sebelah masjid.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2017