TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Cara Unik Anak Suriah Halau Serangan Bom Jet Tempur

Mereka membakar ban sehingga menciptakan 'asap tirai'.
Cara Unik Anak Suriah Halau Serangan Bom Jet Tempur
Hastag #Aleppoundersiege. (twitter.com/hashtag/AngerforAleppo)

VIVA.co.id - Sekelompok anak-anak di Aleppo, Suriah, memiliki inisiatif yang luar biasa untuk menciptakan zona larangan terbang di atas kota yang terkepung akibat perang saudara itu.

Melansir situs BBC, Selasa, 2 Agustus 2016, mereka 'mendirikan tirai dari asap' dengan cara membakar ban yang tujuannya menghambat visibilitas dari pesawat tempur yang telah melaksanakan serangan bom.

Rami Jarrah, seorang wartawan perang yang meliput peristiwa berdarah di Suriah, mengatakan bahwa tindakan anak-anak itu sangat efektif.

"Ini (asap hasil bakar ban) menyebabkan kebingungan bagi pilot jet tempur untuk menjatuhkan bom. Cara ini juga bertujuan untuk memecahkan pengepungan," kata Jarrah.

Ia melanjutkan, tak hanya anak-anak, 'acara bakar ban' ini juga dilakukan oleh orang dewasa. Mereka sepakat berpartisipasi melakukan perlawanan dengan cara yang berbeda.

"Apa yang dikerjakan oleh anak-anak ini benar-benar efektif dan tepat sasaran," ujarnya.

Selain itu, Jarrah juga turut mempromosikan serangkaian hashtag di Twitter untuk mencoba membangun momentum, termasuk #AngerForAleppo dan #AleppoUnderSiege.

Sebuah organisasi kemanusiaan menyatakan bahwa 25 ribu warga sipil diyakini masih tinggal di daerah yang dikuasai pemberontak itu.

Wilayah Aleppo yang dikuasai pemberontak telah dibombardir pasukan pro-pemerintah Suriah.

Namun, mereka tak menyerah dan melancarkan serangan balik untuk mencoba memecahkan pengepungan.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP