TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Jepang Merasa Terhina Rudal Korut Mendarat di Lautnya

Jepang berencana protes lewat saluran diplomatik.
Jepang Merasa Terhina Rudal Korut Mendarat di Lautnya
Militer Korea Utara pamerkan rudal balistik dalam suatau parade beberapa waktu lalu. (REUTERS/Jason Lee)
VIVA.co.id - Korea Utara kembali menembakkan rudal balistik ke Laut Jepang. Rudal tersebut diluncurkan dari dekat kota barat Unyul, sekitar pukul delapan pagi waktu setempat.

Menanggapi hal ini, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengutuk uji rudal Korut yang mendarat di 250km lepas pantai Jepang, sebagai "tindakan menghina", yang menjadi ancaman serius.

"Ini adalah ancaman serius terhadap keamanan negara kita. Tindakan ini sangat keterlaluan dan tidak dapat ditoleransi," kata Abe kepada wartawan seperti dilansir dari Channel News Asia, Rabu 3 Agustus 2016.

Menteri Pertahanan Jepang, Jenderal Nakatani, mengatakan rudal tersebut mendarat di Laut Jepang, tepatnya di lepas pantai utara Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Jepang. Ini juga menjadi kali pertama rudal Korut mendarat di ZEE Jepang, sejak tahun 1998.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang juga memberikan komentar dan mengecam keras peluncuran rudal tersebut.

"Dari perspektif keamanan penerbangan dan pelayaran, ini adalah tindakan yang sangat berbahaya. Kami akan segera meluncurkan protes keras terhadap Korut, dan mengecam tindakan ini melalui saluran diplomatik," kata Nakatani.

(ren)
KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP