Yunani Akan Bangun Masjid Besar di Athena

Krisis migran di Yunani
Sumber :
  • Athena/Intime
VIVA.co.id
Migran Tewas Akibat Kebakaran di Kamp Pengungsi Yunani
- Anggota parlemen di Yunani telah menyetujui pembangunan sebuah masjid di pusat kota Athena. Pembangunan masjid ini direncanakan akan didanai oleh negara.

Kedatangan Obama ke Yunani Disambut Demonstrasi

Pengajuan proposal pembangunan masjid tersebut telah memicu perbedaan pendapat dalam pemerintah koalisi, di tengah debat publik yang terus memanas tentang bagaimana mengelola krisis migran.
Traveling Menyusuri Jejak Islam di Yunani


Diberitakan oleh
Arab News
, Jumat, 5 Agustus 2016, proposal pembangunan masjid itu disetujui pada Kamis, 4 Agustus 2016. Sebelumnya banyak proposal pengajuan yang sama, namun gagal karena menghadapi tentangan dari Gereja Ortodoks negara.


Partai sayap kanan pemerintah, Syriza, mendukung agar dana pembangunan masjid sebesar US$ 1 juta didanai negara. Namun permintaan tersebut ditentang oleh mitra koalisi nasionalis, yaitu dari kelompok independen Yunani.


Jumlah Muslim di Yunani terus meningkat menyusul krisis pengungsi tahun lalu, ketika negara tersebut menjadi tempat transit tersibuk bagi warga Timur Tengah yang melarikan diri ke Eropa. Puluhan ribu migran Muslim kini tinggal di Athena. Mereka menggunakan tempat-tempat tidak resmi di sekitar Athena dan menjadikannya masjid. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya