TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Tiongkok Bangun Hanggar Pesawat di Laut China Selatan

Padahal Pengadilan Arbitrase memutuskan klaim China tak berdasar.
Tiongkok Bangun Hanggar Pesawat di Laut China Selatan
Foto terbaru soal pembangunan di wilayah sengketa di Laut China Selatan. (Reuters)

VIVA.co.id -  Lembaga keamanan strategis di Washington DC, AS, mengungkap foto satelit terbaru yang menunjukkan adanya pembangunan hanggar pesawat milik China di wilayah Laut China Selatan.

Gambar yang diambil pada akhir Juli lalu menunjukkan, hanggar tersebut  dibangun di Fiery Cross, Subi, dan Mischief Reefs di Kepulauan Spratly memiliki ruangan untuk menyimpan jet tempur Angkatan Udara China.

"Hingga kini memang belum ada bukti bahwa Beijing mengerahkan pesawat militernya ke pos-pos tersebut. Namun percepatan pembangunan hanggar di tiga lokasi tersebut sangat memungkinkan peningkatan aktivitas di wilayah sengketa itu," tulis laporan Center for Strategic and International Studies (CSIS), yang dilansir dari Reuters, Selasa 9 Agustus 2016.

Selain itu CSIS melaporkan, fasilitas lainnya seperti menara tak dikenal dan struktur berbentuk heksagonal juga telah di bangun di Kepulauan Spratly dalam beberapa bulan terakhir.

"Pembangunan terbaru ini cukup besar dibandingkan pembangunan untuk tujuan sipil apapun. Semua hanggar juga menunjukkan adanya pembangunan penguatan struktural," kata Direktur CSIS Transparansi Laut Asia, Gregory Poling.

Foto-foto ini muncul hanya beberapa minggu setelah pengadilan internasional di Den Haag memutuskan klaim China atas LCS tak berdasar dan memenangkan Filipina atas sengketa tersebut. Atas keputusan ini, Beijing secara tegas menolaknya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP