Erdogan Ke Kremlin, Buka Hubungan Baru dengan Rusia

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.
Sumber :
  • REUTERS/Umit Bektas

VIVA.co.id - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan hari ini mengadakan kunjungan ke St Petersburg, untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Pertemuan ini bertujuan untuk memperbaiki hubungan Turki dengan Rusia.

Pertemuan ini merupakan kunjungan luar negeri pertama Erdogan sejak kudeta yang terjadi di Turki bulan lalu. Hubungan kedua negara telah mengalami keretakan beberapa waktu lalu pasca Turki menembak jatuh sebuah jet militer Rusia di perbatasan Suriah.

Dilansir dari BBC, Selasa, 9 Agustus 2016, sebelum meninggalkan Turki, Erdogan menyebut Presiden Putin sebagai "teman" dan mengatakan inin membuka halaman baru dalam hubungan dengan Rusia.

"Kunjungan ini membuka lembaran baru dalam hubungan bilateral antara Turki dan Rusia. Kami ingin memulai semuanya dari awal dengan niat tulus yang lebih baik," kata Erdogan.

Hubungan kedua negara sempat mengalami keretakan ketika Turki menembak jatuh jet militer Rusia November lalu, yang menyebabkan Rusia menjatuhkan sanksi perdagangan dan menangguhkan paket wisata ke Turki.

Pada Juni lalu, Kremlin mengatakan Erdogan telah meminta maaf atas tragedi tersebut dan mengirimkan pesan belasungkawa mendalam kepada keluarga awak yang tewas dalam penembakan.

Pembicaraan Erdogan dan Putin hari ini difokuskan untuk memulai kembali hubungan perdagangan, investasi, dan pariwisata. Kedua pemimpin juga akan mendiskusikan penyelesaian konflik di Suriah, di mana mereka saat ini memiliki pandangan yang berlawanan.

Erdogan Mau ke Moskow, Ingin Berbaikan Lagi dengan Rusia
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Erdogan Mengaku Tak Sabar Bertemu Putin

Ia yakin pertemuan keduanya akan menjadi sejarah.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016