TUTUP
TUTUP
DUNIA

Nagasaki Peringati 71 Tahun Jatuhnya Bom Atom

Ribuan orang diam dan mengheningkan cipta selama satu menit.
Nagasaki Peringati 71 Tahun Jatuhnya Bom Atom
Seorang wanita berlutut dan berdoa di depan monumen bom Nagasaki. (Reuters)
VIVA.co.id - Kota Nagasaki di Jepang hari ini menandai 71 tahun peristiwa kehancuran akibat bom atom AS, tahun 1945 silam. Lonceng berdentang saat ribuan orang, termasuk para veteran dan keluarga korban, yang mengheningkan cipta selama satu menit tepat pukul 11.02 siang, waktu ketika bom dijatuhkan.

Sekitar 74.000 orang tewas dalam ledakan awal, sementara ribuan lainnya tewas beberapa bulan dan tahun kemudian, akibat dampak radiasi. Serangan ini terjadi tiga hari setelah AS menjatuhkan bom atom pertama di Hiroshima, yang menewaskan 140.000 orang.

Pada upacara peringatan tersebut, Wali Kota Nagasaki Tomihisa Taue memuji kedatangan Presiden Obama beberapa waktu lalu ke Hiroshima, yang merupakan kunjungan presiden AS pertama sejak peristiwa tersebut.

Toyokazu Iharu, salah satu korban selamat dalam pengeboman Nagasaki yang kini berusia 80 tahun menyerukan penghapusan senjata nuklir dan perdamaian dunia.

"Peristiwa di Nagasaki harus menjadi yang terakhir," ujarnya, dikutip dari Channel News Asia, Selasa, 9 Agustus 2016.

Sementara itu, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dalam pidatonya menyerukan para pemimpin dunia untuk menghormati Global Nuclear Non-Proliferation Treaty.

"Jangan sampai kita membiarkan terulangnya pengalaman mengerikan di Hiroshima dan Nagasaki yang terjadi 71 tahun yang lalu," tegas Abe.
KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP