TUTUP
TUTUP
DUNIA

Senat Brasil Setujui Lanjutkan Dakwaan Dilma Roussef

Tiga dari empat tuduhan pelanggaran telah disetujui.
Senat Brasil Setujui Lanjutkan Dakwaan Dilma Roussef
Presiden Brasil Dilma Rousseff (REUTERS/Joedson Alves)
VIVA.co.id - Senator Brasil telah memutuskan untuk melanjutkan proses dakwaan terhadap Presiden Dilma Rousseff, yang dituduh melakukan pelanggaran undang-undang anggaran.

Dilansir dari Al Jazeera, Rabu, 10 Agustus 2016, setidaknya 59 senator memilih untuk mendukung kelanjutan proses pemakzulan presiden perempuan pertama Brasil itu. Sementara, 21 senator memilih menentangnya.

Proses rapat senat yang dilaksanakan di Rio de Janeiro hari ini masih dipenuhi dengan perdebatan suara. Namun tiga dari empat tuduhan pelanggaran terhadap Rousseff telah disetujui.

Pihak senat Brasil telah menangguhkan Rousseff dari jabatannya sejak 12 Mei lalu, atas tuduhan praktik akuntansi ilegal dan memanipulasi anggaran untuk menutupi ekonomi yang tengah merosot. Rousseff membantah melakukan kesalahan dan menyebut proses pemakzulannya sebagai upaya kudeta.

Sidang pemakzulan diperkirakan akan dimulai pada 25 Agustus mendatang, empat hari setelah penutupan upacara Olimpiade, dan akan berlangsung selama lima hari hingga keputusan dibuat.

Jika Rousseff resmi diturunkan dari jabatannya, maka Wakil Presiden Michel Temer akan mengambil kursi kepresidenan sampai pemilu berikutnya 2018 mendatang.
KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP