TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Rentetan Teror Bom Menghantui Negeri Gajah Putih

Sepanjang tahun ini, Thailand sudah empat kali dilanda bom.
Rentetan Teror Bom Menghantui Negeri Gajah Putih
Lokasi ledakan bom di Hua Hin Thailand (REUTERS TV)

VIVA.co.id – Thailand kembali diguncang bom. Dua ledakan keras terjadi di kawasan resor mewah di Hua Hin, kota dari selatan Bangkok, menyebabkan seorang perempuan tewas dan 19 lainnya luka-luka, termasuk wisatawan asing.

Melansir situs Bangkok Post, Jumat, 12 Agustus 2016, tercatat, tahun ini saja negeri Gajah Putih sudah dilanda serangan teror bom sebanyak empat kali.

Di mana tiga ledakan terjadi di bulan yang sama, Agustus. Berikut data ledakan besar di Thailand dalam enam tahun terakhir.

Juli 2010: Sebuah bom meledak di halte bus di pusat kota Bangkok. Melukai sedikitnya sembilan orang. Ledakan ini menghidupkan kembali ketegangan dua bulan setelah protes oposisi.

Oktober 2010: Sebuah ledakan di sebuah kompleks apartemen Bangkok. Ledakan ini membunuh empat orang. Pemerintah lalu menyalahkan insiden itu kepada gerakan antipemerintah "Baju Merah". Namun, mereka menyangkal keterlibatan tersebut.

Desember 2011: Sebuah alat peledak ditemukan dan berhasil dijinakkan di dekat kantor lotere pemerintah di Bangkok. Pihak otoritas mengatakan bahwa pelaku seperti ingin "menantang pemerintah".

Februari 2012: Serangkaian ledakan yang gagal di Bangkok sempat melukai beberapa orang di dalam plot yang dituduh kepada tersangka Iran untuk membunuh diplomat Israel. Dua orang Iran dijatuhi hukuman 15 tahun penjara pada 2013.

Mei 2013: Sebuah bom rakitan yang tersembunyi di dekat tempat sampah di pusat perbelanjaan tersibuk di Bangkok, meledak yang melukai tujuh orang.

Januari 2014: Dua ledakan oleh penyerang tak dikenal pada protes antipemerintah di Bangkok. Akibatnya, 28 orang luka-luka.

Februari 2014: Dua serangan granat kembali melanda ibu kota Thailand. Lima orang tewas, termasuk tiga orang anak, di distrik perbelanjaan yang dipenuhi turis.

Maret 2014: Serangkaian ledakan granat batu menghantam kota Chiang Mai, yang populer dengan turis asing, menyebabkan empat orang terluka.

Februari 2015: Dua bom berdaya ledak rendah meletup dekat pusat perbelanjaan populer di pusat kota Bangkok, melukai satu orang.

April 2015: Sebuah bom dalam truk pick-up di sebuah resort mewah di Pulau Samui melukai tujuh orang, termasuk seorang gadis Italia.

Agustus 2015: Sebuah ledakan meluluhlantakkan Kuil Buddha Erawan di pusat kota Bangkok menewaskan 20 orang. Wisatawan mayoritas beretnis Tionghoa.

Februari 2016: Sebuah bom mobil meledakan luar kantor polisi di Thailand selatan, melukai sedikitnya tujuh orang.

Agustus 2016: Sebuah ledakan di pasar tradisional Jl. Trang telah membunuh seorang laki-laki dan melukai lima orang. Terakhir, dua ledakan di kawasan resort di Hau Hin yang membunuh seorang perempuan penjual buah-buahan dan melukai 19 orang, termasuk wisatawan asing.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP