TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Perbatasan Kolombia-Venezuela Resmi Kembali Dibuka

Perbatasan ini menjadi surga penyelundup.
Perbatasan Kolombia-Venezuela Resmi Kembali Dibuka
Petugas keamanan sipil Kolombia mengawasi dan membantu warga. (REUTERS/Carlos Eduardo Ramirez.)

VIVA.co.id – Presiden Venezuela dan Kolombia mengumumkan akan secara bertahap membuka kembali perbatasan antara kedua negara.

Pembukaan perbatasan  ini  diharapkan bisa menjadi sarana memperbaiki hubungan antara kedua negara. Tahun lalu perbatasan tersebut secara resmi ditutup oleh Nicolas Maduro, sebagai bentuk tindakan keras mencegah penyelundup dan kelompok paramiliter.

"Kami tertarik untuk memulai kembali hubungan ekonomi dan komersial dengan semua sektor produktif Kolombia," kata Maduro usai melakukan pertemuan dengan Presiden Kolombia, Juan Manuel Santos.

Dilansir dari Reuters, Jumat, 12 Agustus 2016, perbatasan kedua negara telah lama menjadi surga bagi penyelundupan segala sesuatu mulai dari pasta gigi, obat-obatan terlarang dan persenjataan.

Hal tersebut ditanggapi positif oleh Presiden Santos yang mengatakan bahwa pembicaraan bilateral dalam persiapan untuk membuka perbatasan, telah berlangsung selama berbulan-bulan. Ia juga menjamin keamanan dan akan berupaya mengekang penyelundupan.

Pembukaan perbatasan tersebut akan dilakukan di lima titik persimpangan, mulai Sabtu esok.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP