Pantai Cannes di Prancis Larang Baju Renang Muslimah

Baju renang muslimah Burkini
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Wali kota Cannes, Prancis, melarang penggunaan baju renang Islami atau "Burkini." Pelarangan itu menimbulkan perdebatan publik. Wali Kota David Lisnard mengatakan, burkini adalah bagian dari simbol Islam militan.

Islamofobia di Prancis Makin Mengkhawatirkan, Ribuan Orang Lakukan Demonstrasi

Sejak serangan truk yang terjadi pada malam Bastille Day, Juli lalu, situasi keamanan Prancis kini berada dalam siaga penuh. Siapa saja yang tertangkap meremehkan aturan tersebut akan didenda hingga Rp500 ribu.

Diberitakan oleh BBC, Sabtu, 13 Agustus 2016, sebelum diberlakukan denda, mereka yang mengenakan pakaian tersebut akan diminta untuk mengganti baju renang lebih dulu, atau meninggalkan pantai.

Tampang Pelaku Perampokan Sadis Turis Perancis di Bukit Sipiso-piso Kabupaten Karo

Namun meski keputusan itu sudah dijalankan sejak akhir Juli lalu, hingga saat ini belum ada satupun yang ditangkap. Le Monde, media di Prancis mempertanyakan larangan tersebut. Menurut Le Monde tak ada aturan pemerintah Prancis yang melarang memakai pakaian renang seluruh tubuh.

"Undang-undang soal cadar hanya melarang menutup wajah di muka umum. Burkini, yang menutup seluruh tubuh tak menutup wajah, jadi memakai Burkini adalah hal yang legal," ujar dia.

Melawan Aparat, Perampok Sadis Wisatawan Prancis di Karo Dihadiahi Timas Panas

(ren)

Sekjen PBB Antonio Guterres berbicara pada Sidang Majelis Umum PBB di New York.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Keistimewaan berupa hak veto yang dimiliki oleh lima negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB ini memiliki dampak besar dalam keputusan penting di tingkat internasional.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024