ASEAN Siap Jadi Pusat Pertumbuhan Asia Pasifik

HUT ke-49 ASEAN di Gedung Sekjen ASEAN, Jakarta Selatan, Senin, 15 Agustus 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dinia Adrianjara

VIVA.co.id – Pada pidato peringatan hari jadi ASEAN ke-49, Sekretaris Jenderal ASEAN Le Luong Minh mengatakan, integrasi ASEAN telah mendorong pertumbuhan dan pembangunan di kawasan menuju perekonomian global.

Tantangan ASEAN di Usia ke-55 Tahun

"Perekonomian global ini telah berkontribusi besar dalam mengurangi kemiskinan, meningkatkan pelayanan dasar bagi masyarakat, pendidikan dan informasi, meningkatkan kesadaran bencana dan mempersempit kesenjangan pembangunan di negara-negara," kata Sekjen Minh di Sekretariat ASEAN Jakarta, Senin, 15 Agustus 2016.

Ia mengatakan, selama bertahun-tahun pembangunan tersebut telah membuat ASEAN sebagai pusat pertumbuhan di Asia Pasifik, yang lebih memungkinkan negara anggota untuk memainkan peran sentral dalam perkembangan arsitektur regional.

Myanmar Bebaskan Ratusan Tahanan Politik

"Hal ini juga membantu mengurangi ketegangan, menjaga perdamaian dan stabilitas, serta mempromosikan kerja sama ekonomi dan budaya di luar kawasan Asia Tenggara," ujarnya.

Untuk mewujudkan Visi Komunitas ASEAN 2025 yang berorientasi dan berpusat pada rakyat, Minh menegaskan bahwa semua pemangku kepentingan termasuk masyarakat sipil, media dan sektor swasta perlu membangun hubungan formal dan menjalin persahabatan antara negara anggota yang satu dengan lainnya.

Indonesia Mencalonkan Diri Jadi Anggota Komisi PBB untuk Narkotika

"Demi mencerminkan kemauan politik dan komitmen untuk bekerja sama, dalam upaya mewujudkan visi dari komunitas ASEAN, semua pihak perlu memainkan perannya masing-masing, dan menjalin dialog serta kerja sama dengan semua pihak," katanya.

Menlu Indonesia Retno Marsudi (Tangkapan Layar dalam Kemkominfo TV)

Tantangan Indonesia Sebagai Ketua ASEAN 2023

Ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi Indonesia agar berhasil menjalankan perannya sebagai ketua ASEAN 2023.

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2023