TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

ASEAN Siap Jadi Pusat Pertumbuhan Asia Pasifik

Setiap negara anggota memiliki peran yang berbeda.
ASEAN Siap Jadi Pusat Pertumbuhan Asia Pasifik
HUT ke-49 ASEAN di Gedung Sekjen ASEAN, Jakarta Selatan, Senin, 15 Agustus 2016. (VIVA.co.id/Dinia Adrianjara)

VIVA.co.id – Pada pidato peringatan hari jadi ASEAN ke-49, Sekretaris Jenderal ASEAN Le Luong Minh mengatakan, integrasi ASEAN telah mendorong pertumbuhan dan pembangunan di kawasan menuju perekonomian global.

"Perekonomian global ini telah berkontribusi besar dalam mengurangi kemiskinan, meningkatkan pelayanan dasar bagi masyarakat, pendidikan dan informasi, meningkatkan kesadaran bencana dan mempersempit kesenjangan pembangunan di negara-negara," kata Sekjen Minh di Sekretariat ASEAN Jakarta, Senin, 15 Agustus 2016.

Ia mengatakan, selama bertahun-tahun pembangunan tersebut telah membuat ASEAN sebagai pusat pertumbuhan di Asia Pasifik, yang lebih memungkinkan negara anggota untuk memainkan peran sentral dalam perkembangan arsitektur regional.

"Hal ini juga membantu mengurangi ketegangan, menjaga perdamaian dan stabilitas, serta mempromosikan kerja sama ekonomi dan budaya di luar kawasan Asia Tenggara," ujarnya.

Untuk mewujudkan Visi Komunitas ASEAN 2025 yang berorientasi dan berpusat pada rakyat, Minh menegaskan bahwa semua pemangku kepentingan termasuk masyarakat sipil, media dan sektor swasta perlu membangun hubungan formal dan menjalin persahabatan antara negara anggota yang satu dengan lainnya.

"Demi mencerminkan kemauan politik dan komitmen untuk bekerja sama, dalam upaya mewujudkan visi dari komunitas ASEAN, semua pihak perlu memainkan perannya masing-masing, dan menjalin dialog serta kerja sama dengan semua pihak," katanya.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP