Jalanan Utama di Los Angeles Tutup Demi Pesta Rakyat HUT RI

Suasana Perayaan HUT ke-71 RI di KJRI Los Angeles, AS.
Sumber :
  • VIVA.co.id/KJRI LA

VIVA.co.id – Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Los Angeles, Amerika Serikat, menggelar acara kerakyatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-71 Republik Indonesia, pada Minggu waktu setempat. Konsul Jenderal RI Los Angeles, Umar Hadi, dalam sambutannya, mengatakan, pentingnya persatuan dan kesatuan sebagai elemen utama perekat bangsa.

PPKM Level 2, Semarang Buka Opsi Bioskop dan CFD Kembali Dibuka

"Dalam memperingati 71 tahun kemerdekaan Indonesia, bangsa kita kini makin dewasa yang ditandai dengan kuatnya toleransi, kerukunan, dan persatuan, serta semakin menipisnya diskriminasi," kata Hadi, seperti yang disiarkan oleh KJRI Los Angeles, Senin 15 Agustus 2016.

Selain itu, Wilshire Boulevard, yang merupakan salah satu jalan protokol utama di kota Los Angeles sekaligus lokasi KJRI, ditutup dari aktivitas lalu lintas kendaraan bermotor atau car free day.

Kisah Perempuan Tangguh RI Jadi Garda Terdepan Lawan Corona di AS

Menurut Hadi, penutupan jalan utama ini bertujuan untuk menggelar acara yang berkaitan perayaan 17 Agustus. Jalan-jalan pun dipenuhi para pengendara sepeda, warga yang berolahraga, maupun hanya sekadar jalan-jalan.

Sekumpulan anak-anak mengendarai sepeda dengan hiasan merah putih nanmeriah turut melintas di antara pengendara sepeda lainnya.

Penularan Corona Tinggi, Car Free Day Bekasi Ditiadakan Lagi

Mereka berparade di sepanjang Wilshire Boulevard dan mencuri perhatian warga setempat di tengah-tengah acara yang bernama CicLAvia itu.

Suasana Perayaan HUT ke-71 RI di KJRI Los Angeles, AS.

Keramaian juga terbentuk di salah satu ruas Wilshire Boulevard, saat warga setempat peserta CicLAvia berhenti untuk menyaksikan pagelaran gamelan dan tari Bali yang digelar di teras depan KJRI Los Angeles.

Sementara, di lapangan parkir KJRI Los Angeles, acara syukuran Kemerdekaan RI yang tengah berlangsung juga tidak kalah menarik.

Ratusan warga Indonesia yang hadir larut dalam keceriaan saat mengikuti pertandingan gaple, lomba lemparan bebas (free throw) basket, sepeda lambat, dan bengong.

Acara juga dimeriahkan oleh demonstrasi dari Merpati Putih Los Angeles dan Fancy Drill Pathfinder Gereja Advent Indonesia-Amerika.

Terakhir, kemeriahan acara ditutup dengan nonton bareng (nobar) film Epen Cupen ala layar tancap pada malam hari.

Suasana Perayaan HUT ke-71 RI di KJRI Los Angeles, AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya