TUTUP
TUTUP
DUNIA

Dubes India Puji Sosok Dua Tokoh Pejuang Ini

Salah satu kontribusi nyata adalah dengan digelarnya KAA di Bandung.
Dubes India Puji Sosok Dua Tokoh Pejuang Ini
Duta Besar India untuk Indonesia, Nengcha Lhouvum Mukhopadhaya. (VIVA.co.id/Dinia Adrianjara)

VIVA.co.id – India dan Indonesia memiliki hubungan sejarah yang saling terkait satu sama lain. Duta Besar India untuk Indonesia, Nengcha Lhouvum Mukhopadhaya, mengatakan, fakta bahwa hari kemerdekaan kedua negara saling berdekatan menjadi bukti bahwa adanya persahabatan dan kolaborasi kedua pemimpin untuk mencapai kemerdekaan.

"Pejuang kemerdekaan Indonesia seperti Soekarno, dan Jawaharlal Nehru dari India, adalah tokoh yang sangat berjasa bagi negara kita," kata Dubes Nengcha, dalam perayaan Hari Kemerdekaan India ke-69 di Jakarta, Senin malam, 15 Agustus 2016.
 
Ia mengungkapkan, masa depan yang dirasakan saat ini dan ke depan, tak lepas dari peran pejuang kemerdekaan. Selain itu, Dubes Nengcha juga menegaskan, kemerdekaan yang diraih oleh para pahlawan tidak hanya berkontribusi pada kemerdekaan India dan Indonesia semata, tetapi juga pada perdamaian global.
 
"Kontribusi nyata para pejuang kemerdekaan ini adalah digelarnya Konferensi Bandung, atau yang lebih dikenal dengan Konfrensi Asia-Afrika (KAA)," ungkapnya.

Menurutnya, KAA telah memantik semangat negara-negara Afrika dan Asia untuk meraih kemerdekaan. "Saat ini, hanya Palestina sebagai anggota KAA yang belum merdeka. Itulah yang sedang diperjuangkan," tutur Dubes Nengcha.

Dalam akhir sambutannya, Dubes Nengcha juga mengucapkan selamat Hari Kemerdekaan RI ke-71. Ia berharap kedua negara dapat terus bekerjasama untuk menjamin kestabilan nasional dan internasional.

Perayaan Hari Kemerdekaan India baru kali pertama diselenggarakan Kedutaan Besar India di Jakarta. Sebab, selama ini hanya merayakan hari terbentuknya Konstitusi India setiap 26 Januari.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP