Rumah Sakit di Yaman Jadi Sasaran Bom, 11 Pasien Tewas

Kondisi rumah sakit di Yaman setelah dihantam bom.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Setidaknya 11 orang tewas dan 19 lainnya terluka dalam serangan udara di sebuah rumah sakit di barat laut Yaman. Menurut kelompok bantuan Doctors Without Borders (MSF), serangan yang terjadi Senin kemarin di rumah sakit ABS, yang terletak di provinsi Hajja itu dilakukan oleh pemberontak Houthi.

Koalisi Arab Kritik Laporan Tahunan Sekjen PBB

Sembilan warga tewas di tempat, sementara dua lainnya meninggal dunia saat dalam perjalanan menuju rumah sakit lain di Yaman.

Dilansir dari Reuters, Selasa, 16 Agustus 2016, MSF mengatakan, koalisi Arab yang melakukan serangan udara dalam pertempuran melawan pemberontak Houthi Yaman mengatakan bahwa kelompok tersebut bertanggung jawab atas serangan. Hingga kini belum ada komentar dari koalisi tersebut.

Darurat, Tiap 35 Detik Anak di Yaman Terjangkit Kolera

"Ini merupakan serangan keempat terhadap fasilitas yang dijalankan kelompok kami dalam waktu kurang dari satu bulan. Rumah sakit yang seharusnya berfungsi untuk merawat pasien, justru diserang. Ini menunjukkan bahwa perang sangat tak menghormati fasilitas medis dan pasien yang ada," kata Teresa Sancristoval, manajer program darurat MSF untuk Yaman.

Serangan terhadap rumah sakit tersebut datang dua hari setelah serangan udara di sebuah sekolah di Haydan, provinsi Saada, barat laut Yaman. Serangan itu menewaskan sedikitnya 10 anak-anak dan melukai 30 lainnya. Korban diperkirakan berusia 8-15 tahun.

Cerita Dokter Bantu Ibu Melahirkan saat RS di Yaman Dibom
Pengungsi Rohingya

Ternyata Korban Terbunuh Rohingya Mencapai 6.700 Orang

Jumlah ini jauh lebih banyak dari versi pemerintah yang hanya 400.

img_title
VIVA.co.id
14 Desember 2017