Begini Upacara HUT Kemerdekaan RI di Jepang

Upacara HUT RI di Tokyo, Jepang.
Sumber :
  • Kedubes Tokyo

VIVA.co.id – Ratusan masyarakat Indonesia yang bermukim di Tokyo dan sekitarnya hadir pada peringatan Kemerdekaan Indonesia yang dilaksanakan di Lapangan Kediaman Duta Besar RI Tokyo, Rabu 17 Agustus 2016. Kegiatan tersebut dimulai dengan upacara pengibaran bendera yang berlangsung dengan khidmat.

Terapkan Prokes, HUT Kemerdekaan RI di Washington Berlangsung Khidmat

Upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-71 tahun ini mengambil tema ‘Dengan Semangat Kerja Nyata Kita Wujudkan Indonesia Hebat”. Bertindak selaku inspektur upacara yaitu Duta Besar RI Yusron Ihza Mahendra dan sebagai komandan upacara adalah Atase Pertahanan KBRI Tokyo Kol. Pnb. Ian Fuady.

Dalam upacara itu, 20 remaja Indonesia bertugas sebagai Paskibra menaikkan bendera Merah Putih di hadapan peserta upacara yang terdiri dari perwakilan asing negara sahabat, Kemlu Jepang, masyarakat Indonesia, Friends of Indonesia, mahasiswa, tenaga kerja Indonesia, ormas Indonesia serta tamu undangan lainnya.

17 Agustus, Setop Kegiatan dan Ambil Sikap Sempurna Pukul 10.17 WIB

Dalam kesempatan tersebut, Dubes RI menyampaikan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia menjadi momentum yang bersejarah karena menjadi titik awal bagi kehidupan sebagai bangsa untuk membangun dan mewujudkan harapan rakyat Indonesia.

“Kita warga Indonesia yang bermukim di luar negeri hendaknya lebih meningkatkan rasa cinta pada Tanah Air dan bangsa, lebih meningkatkan daya juang untuk bangsa dan negara, serta berkontribusi lebih mempersatukan jiwa dan segenap raga untuk memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa”, ujar Dubes Yusron.

TNI Keluarkan Seruan Untuk Masyarakat Peringati HUT RI Besok

Setelah penaikan bendera, upacara juga diisi dengan aubade sejumlah lagu perjuangan nasional Indonesia, antara lain Hari Merdeka dan Kebyar-Kebyar yang dibawakan oleh murid-murid Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT). Kemudian dilanjutkan ramah tamah dengan menu nasi kuning komplet, siomay, bakwan sampai sambal goreng ati dan ayam goreng lengkuas.

Seluruh rangkaian acara ditutup pada sore hari nanti dengan upacara penurunan bendera. Tidak seperti hari-hari sebelumnya yang mana cuaca hujan dan taifun melanda, saat berlangsungnya upacara, cuaca di Tokyo cukup cerah sehingga pelaksanaan upacara berjalan lancar sesuai rencana, dan kekhawatiran adanya badai taifun hilang sudah.

16 Brand Indonesia terpilih yang muncul di videotron Times Square New York.

Keren! Brand Indonesia Terpajang di Times Square New York

Kemunculan iklan brand lokal di Times Square New York ini juga mendapat perhatian dari Menparekraf, Sandiaga Uno.

img_title
VIVA.co.id
19 Agustus 2021