TUTUP
TUTUP
DUNIA

Duterte: Saya Pertaruhkan Jabatan untuk Tumpas Terorisme

Pernyataan ini merujuk pada kelompok Abu Sayyaf.
Duterte: Saya Pertaruhkan Jabatan untuk Tumpas Terorisme
Presiden Filipina, Rodrigo Roa Duterte berjanji akan tumpas kelompok terorisme. (REUTERS/Lean Daval )

VIVA.co.id – Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte kembali menegaskan akan sikapnya terhadap pelaku tindakan terorisme. Ia berjanji untuk "menerima tantangan" teroris dan mengatakan kalau dirinya tidak akan pernah membiarkan Filipina untuk dihancurkan oleh serangan teror dalam bentuk apa pun.
 
"Teroris itu seperti ISIS. Mereka tidak memiliki ideologi politik, tidak ada konsep sama sekali. Mereka sukanya melukai orang, membunuh perempuan dan anak-anak. Di sini (Filipina) kita sudah melihat fakta dari praktik barbar di mana mereka berani memotong leher orang di depan dunia," kata Duterte, seperti mengutip situs Philstar, Rabu, 17 Agustus 2016.

Pernyataan mantan Wali kota Davao City keluar saat berpidato usai upacara pengambilan sumpah untuk 42 menteri yang masuk dalam kabinet pemerintahan Duterte di Istana Kepresidenan Malacanang, Manila.

"Ini (pernyataan) adalah sikap tegas saya dan saya akan terus mengingatkan. Saya akan hancurkan terorisme seperti yang saya katakan sebelumnya. Dan ini pertaruhan kehormatan, hidup dan jabatan saya sebagai Presiden Filipina," paparnya.

Pada Kamis pekan lalu, Duterte memerintahkan kepada tiga matra di tubuh Angkatan Bersenjata Filipina, yakni AD, AL, dan AU, untuk menumpas habis kelompok militan Abu Sayyaf.

Pernyataan Duterte ini disampaikan dalam pidatonya di Pangkalan Militer Zamboanga, Mindanao, Filipina Selatan.

Menurutnya, kawasan selatan yang mayoritas dihuni warga Muslim Filipina terancam dipengaruhi oleh paham ISIS apabila langkah tegas tidak cepat dilakukan. "Hancurkan mereka. Itu adalah perintah!" tegas Duterte.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP