Wakil Dubes Korea Utara di Inggris Membelot ke Korea Selatan

Diplomat senior Korut yang membelot ke Korsel, Thae Yong-ho.
Sumber :
  • Communist Party of Great Britain (Marxist-Leninist)/via REUTERS TV

VIVA.co.id – Wakil Duta Besar Korea Utara di London, Inggris, Thae Yong Ho, bersama keluarganya diketahui telah membelot ke Korea Selatan. Kendati demikian, Kementerian Unifikasi Korea Selatan di ibu kota Seoul menolak mengatakan kapan dan bagaimana diplomat senior itu tiba, serta berapa banyak kerabat yang ikut dengannya.

AS Tak Mau Tunggu Lama Denuklirisasi Korut

Melansir situs Reuters, Rabu, 17 Agustus 2016, Juru Bicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan, Jeong Joon-hee, mengatakan, Yong Ho membelot karena dua faktor utama.

"Ketidakpuasan terhadap rezim Kim Jong-un serta ketidakpastian dari masa depan anaknya," kata Joon-hee, dalam konferensi pers.

Trump Klaim Korut Sudah Hancurkan 4 Tempat Uji Nuklir

Meski begitu, tidak dijelaskan secara gamblang apakah Yong Ho memiliki satu atau lebih dari satu anak.

"Kita pastikan bahwa Wakil Duta Besar Thae sangat membenci rezim Kim Jong-un dan mengagumi sistem demokrasi di Korea Selatan. Selain itu, ia juga mencemaskan masa depan anaknya jika harus mengabdi terus di Korea Utara. Itulah motif mengapa dirinya membelot," ungkapnya.

3 Fakta Pemimpin Korut Kim Jong-un Dilihat dari Gaya Menulis

Saat ini, Joon-hee memastikan bahwa Yong Ho dan keluarganya berada di bawah perlindungan ketat pemerintah Korea Selatan.

Sebelumnya, informasi ini didapat dari surat kabar Korea Selatan, JoongAng Ilbo, bahwa ini merupakan pembelotan tertinggi dalam beberapa tahun terakhir dari satu-satunya negara yang terisolasi di dunia itu.

Yong Ho memulai perjalanan pembelotannya dengan "menyusun rencana secara teliti dan hati-hati" sampai proses "mendarat di negara ketiga sebagai pencari suaka".

Tidak disebutkan dengan jelas apakah negara ketiga yang dimaksud adalah Inggris. Istilah ini biasanya digunakan dalam media Korea Selatan untuk merujuk ke sebuah negara yang dekat dengan Korea Utara atau Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya