TUTUP
TUTUP
DUNIA

Obama Jadi Presiden AS Pertama Kunjungi Laos

Ia akan menghadiri KTT Asia Timur pada 6-8 September.
Obama Jadi Presiden AS Pertama Kunjungi Laos
Presiden Amerika Serikat Barack Obama (REUTERS/Jonathan Ernst)

VIVA.co.id – Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan mengunjungi Vientiane, Laos, pada September 2016. Ini merupakan kali pertama bagi seorang Presiden AS mengunjungi salah satu negeri Indochina tersebut.

"Presiden Obama akan menjadi Presiden AS pertama yang mengunjungi Laos," kata Juru Bicara Gedung Putih, Josh Earnest, mengutip situs Channel News Asia, Jumat, 19 Agustus 2016.

Kunjungan Obama ke Laos adalah bagian dari lawatan kenegaraan yang dimulai pada 2-9 September, yang didahului dengan pertemuan puncak Konferensi Tingkat Tinggi Negara 20 (KTT G-20) di Hangzhou, China, pada 4-5 September.

Earnest mengatakan, Obama telah membuat ‘poros’ yang menjadi pilar kebijakan luar negeri AS.

"Bulan September mungkin akan menjadi perjalanan dinas Obama terakhir sebelum mundur menjadi presiden setelah delapan tahun memimpin AS," ungkapnya.

Seperti diketahui, Laos menjadi Ketua ASEAN dan Obama akan berpartisipasi dalam KTT Asia Timur yang digelar pada 6-8 September.

Dalam pertemuan itu bakal berkumpul negara kekuatan regional utama seperti China, Jepang, Korea Selatan, Australia dan Rusia.

Sementara di KTT G-20, Earnest menyatakan bahwa Obama juga akan mengadakan ‘pertemuan mendalam’ dengan Presiden China, Xi Jinping.

"Kedua pemimpin negara adidaya ini akan membahas berbagai macam isu global, regional, dan bilateral," jelas Earnest.

Pada Juni lalu di Beijing, Obama dan Jinping sempat ‘bersitegang’ soal hak asasi manusia dan ekspansi China di Laut China Selatan.

KOMENTARI ARTIKEL INI
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP