TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Menlu Retno Bersiap Pulangkan 2 ABK WNI dari Filipina

Ia mengaku sudah berkomunikasi dengan Dubes RI dan otoritas Filipina.
Menlu Retno Bersiap Pulangkan 2 ABK WNI dari Filipina
Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno LP Marsudi. (REUTERS/Darren Whiteside)

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi telah berbicara dengan Duta Besar Republik Indonesia untuk Filipina, Johnny Lumintang, pagi tadi, untuk memastikan kesehatan dua sandera yang berhasil kabur dari kelompok Abu Sayyaf.

"Pagi ini, saya sudah menghubungi Pak Lumintang (Dubes RI di Manila) dan memastikan bahwa kondisi Muhammad Sofyan dan Ismail dalam keadaan sehat. Saat ini, keduanya telah berada di Zamboanga City dan siap-siap untuk proses pemulangan" kata Menlu Retno kepada wartawan di Jakarta, Jumat 19 Agustus 2016.

Proses pemulangan keduanya pun, lanjut Menlu Retno, diakui masih memerlukan waktu, karena harus melalui beberapa prosedur.

Selain itu, petugas KBRI Manila dan KJRI Davao juga langsung turun ke lokasi untuk mengurus segala keperluan pemulangan dua WNI.

Menlu Retno juga mengaku sudah berkomunikasi dengan otoritas Filipina, termasuk informasi-informasi di lapangan.

Untuk menyelamatkan sandera lainnya yang kini masih disandera, Menlu Retno menegaskan bahwa melalui pusat krisis (crisis center) di bawah Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Ia berjanji, dari waktu ke waktu, akan terus melakukan koordinasi dalam rangka menyelamatkan sembilan warga negara Indonesia yang masih disandera.

"Melalui crisis center yang melibatkan Menkopolhukam, Menlu, dan Panglima TNI, upaya penyelamatan dilakukan secara koordinatif dan membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Tujuannya satu, sembilan WNI kita dapat segera diselamatkan dan dipulangkan," kata Menlu Retno. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP