TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

Mengenang Ahmad Soebardjo, Menlu Pertama RI

Rumahnya jadi kantor awal mula Kementerian Luar Negeri RI.
Mengenang Ahmad Soebardjo, Menlu Pertama RI
Laksmi Maksum Effendi, anak Achmad Soebardjo, Menlu pertama RI. (Viva.co.id/Dinia Adrianjara)

VIVA.co.id – Memperingati ulang tahun Kementerian Luar Negeri RI ke-71, Menlu RI beserta staf dan diplomat senior mengadakan napak tilas di kediaman Menlu pertama RI, Ahmad Soebardjo. Pada kesempatan tersebut hadir Laksmi Maksum Effendi, putri Ahmad Soebardjo.

Kepada jajaran Kemlu,undangan, dan wartawan yang hadir, Laksmi menyampaikan ingatannya tentang sang ayah dan tugas besarnya sebagai Menlu pertama RI. "Dua hari setelah proklamasi kemerdekaan, Presiden Soekarno mengangkat ayah kami sebagai Menlu pertama dan menjadikan rumah kami sebagai kantor. Saya menyaksikan sendiri beberapa pemuda bersenjata bambu runcing berjaga di depan rumah kami dan banyak tamu asing yang datang," kata Laksmi di Kediaman Ahmad Soebardjo, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat, 19 Agustus 2016.

Laksmi menceritakan bahwa rumahnya pada tahun 1945 itu menjadi tempat banyak pertemuan hubungan internasional, seminar kebudayaan dan kegiatan amal. Banyak juga wartawan asing yang datang untuk mendapat informasi soal kemerdekaan.

"Melalui pengalaman bersejarah itu, apa yang diperjuangkan ayah kami dan tokoh-tokoh negara, dapat diteruskan diplomat muda dalam mengisi kemerdekaan," kata dia.

Senada dengan putri Ahmad Soebardjo, Mantan Menlu RI, Marty Natalegawa juga mengingat betapa ulet dan teguhnya para pendahulu diplomat Indonesia dalam perjuangan. Menurutnya, perjuangan mereka tak hanya dilakukan melalui perjuangan fisik, tetapi juga perjuangan diplomasi.

"Melalui momen ini kita teringat kembali betapa ulet dan teguhnya para diplomat Indonesia tersebut. Sekarang waktunya bagi kita dan generasi selanjutnya untuk melanjutkan semangat-semangat seperti ini," ujar Marty.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP