China Gelar Latihan Perang Dekat Wilayah Vietnam

Militer China patroli di Pulau Woody Kepulauan Paracel.
Sumber :
  • Reuters.com

VIVA.co.id – Pasukan Penjaga Pantai China (China Coast Guard) melakukan latihan perang di wilayah Teluk Tonkin, pada Senin.

AS Siap Imbangi Dominasi Tiongkok di Laut China Selatan

Teluk ini berada di wilayah paling utara Vietnam dan sebelah selatan Provinsi Yunnan dan Guangxi, China. Tonkin adalah bagian dari gugusan Kepulauan Paracel, Laut China Selatan, kawasan yang disengketakan oleh China dan Vietnam.

Melansir situs Philstar, Senin, 22 Agustus 2016, pasukan penjaga pantai China diketahui menembakkan rudal di Teluk Tonkin dalam serangkaian latihan militer yang terjadi di tengah ketegangan kedua negara. Badan Penyelamatan Maritim China mengeluarkan peringatan untuk melarang kapal-kapal melewati sebelah selatan Hainan hingga pantai utara Vietnam, dari Senin sampai Rabu.

Kapal Perang AS Berlabuh di Laut China Selatan, Bikin Gentar

Tak hanya penjaga pantai, Angkatan Laut (PLAN) dan Angkatan Udara China (PLAAF) juga tergabung dalam serangkaian latihan di perairan Teluk Tonkin. Kendati demikian, belum ada pernyataan resmi, baik dari China maupun Vietnam, atas latihan perang tersebut.

Sebelumnya, pada Minggu, Beijing juga mengirimkan pesawat tempur dan kapal perang untuk melakukan latihan perang di Laut Jepang. Diketahui, peralatan perang yang dikirim ke perairan sengketa dengan Jepang ini merupakan generasi terbaru.

Meradang, AS Tak Mau Undang Militer China di Latgab Pasifik

Beijing tidak mengatakan latihan militer terbaru menargetkan siapa atau alasan Laut Jepang dipilih sebagai lokasi. Namun, ini menunjukkan sikap tegas China atas klaim Laut China Timur yang diakui pula oleh Tokyo.

Pada September 2016, China berencana mengadakan latihan angkatan laut bersama dengan Rusia di Laut China Selatan, di mana langkah ini dikritik oleh Amerika Serikat lantaran dinilai memperburuk stabilitas regional.

Pemerhati politik Rocky Gerung dalam forum diskusi bertajuk Gerakan Rasional Indonesia di kota Padang, Sumatra Barat, pada Senin, 9 Juli 2018.

Rocky Gerung: Konflik Laut China Selatan, RI Hanya Tahan 14 Jam

Dalam hitungan jam NKRI akan lumpuh, apa analisisnya.

img_title
VIVA.co.id
10 Juli 2018