TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
DUNIA

China Gelar Latihan Perang Dekat Wilayah Vietnam

Teluk Tonkin dijadikan area perang. Latihan digelar tiga hari.
China Gelar Latihan Perang Dekat Wilayah Vietnam
Militer China patroli di Pulau Woody Kepulauan Paracel. (Reuters.com)

VIVA.co.id – Pasukan Penjaga Pantai China (China Coast Guard) melakukan latihan perang di wilayah Teluk Tonkin, pada Senin.

Teluk ini berada di wilayah paling utara Vietnam dan sebelah selatan Provinsi Yunnan dan Guangxi, China. Tonkin adalah bagian dari gugusan Kepulauan Paracel, Laut China Selatan, kawasan yang disengketakan oleh China dan Vietnam.

Melansir situs Philstar, Senin, 22 Agustus 2016, pasukan penjaga pantai China diketahui menembakkan rudal di Teluk Tonkin dalam serangkaian latihan militer yang terjadi di tengah ketegangan kedua negara. Badan Penyelamatan Maritim China mengeluarkan peringatan untuk melarang kapal-kapal melewati sebelah selatan Hainan hingga pantai utara Vietnam, dari Senin sampai Rabu.

Tak hanya penjaga pantai, Angkatan Laut (PLAN) dan Angkatan Udara China (PLAAF) juga tergabung dalam serangkaian latihan di perairan Teluk Tonkin. Kendati demikian, belum ada pernyataan resmi, baik dari China maupun Vietnam, atas latihan perang tersebut.

Sebelumnya, pada Minggu, Beijing juga mengirimkan pesawat tempur dan kapal perang untuk melakukan latihan perang di Laut Jepang. Diketahui, peralatan perang yang dikirim ke perairan sengketa dengan Jepang ini merupakan generasi terbaru.

Beijing tidak mengatakan latihan militer terbaru menargetkan siapa atau alasan Laut Jepang dipilih sebagai lokasi. Namun, ini menunjukkan sikap tegas China atas klaim Laut China Timur yang diakui pula oleh Tokyo.

Pada September 2016, China berencana mengadakan latihan angkatan laut bersama dengan Rusia di Laut China Selatan, di mana langkah ini dikritik oleh Amerika Serikat lantaran dinilai memperburuk stabilitas regional.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP