TUTUP
TUTUP
DUNIA

China Selidiki Korupsi Wakil Wali Kota Tianjin

Yin Hailin juga dituduh melakukan 'pelanggaran disiplin serius.'
China Selidiki Korupsi Wakil Wali Kota Tianjin
Polisi China berpatroli di Lapangan Tiananmen, Beijing. (REUTERS/David Gray)

VIVA.co.id – Badan Pengawas Korupsi China saat ini sedang menyelidiki Yin Hailin (56), Wakil Wali Kota Tianjin, yang diduga terlibat dalam kegiatan korupsi.

Menurut kantor berita Reuters, Senin, 22 Agustus 2016, Hailin, yang pernah menjabat sebagai kepala perencanaan kota sebelum menjadi wakil wali kota pada 2012, sedang diselidiki karena melakukan "pelanggaran disiplin serius", sebuah penghalusan istilah bagi kasus korupsi.

Namun, otoritas China tidak mengungkapkan pelanggaran korupsi yang dilakukan Hailin.

Sebelumnya, Yang Dongliang, mantan Kepala Badan Keamanan Tenaga Kerja dan Wakil Wali Kota Tianjin sebelum Hailin, juga diselidiki terlibat korupsi setelah ledakan besar di sebuah gudang bahan kimia di sebelah utara kota itu yang menewaskan sekitar 170 orang pada Agustus 2015.

Selain itu, Wu Changshun, bekas Kepala Keamanan Publik Tianjin, dan beberapa pejabat daerah lainnya, juga dicokok atas tuduhan serupa.

Presiden China Xi Jinping telah menegaskan bahwa pemberantasan korupsi menjadi landasan pemerintahannya. Ia pun bersumpah akan memburu “macan” elit maupun “lalat” rendahan.

Sebab, menurut Jinping, masalah korupsi sudah sedemikian parah sehingga mengancam kelangsungan hidup Partai Komunis yang berkuasa.

Badan Pengawas Korupsi China telah menggiring puluhan pejabat senior, termasuk di dalamnya lawan-lawan politik Jinping, atas tuduhan penggelapan uang negara.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP