TUTUP
TUTUP
DUNIA

Belasungkawa Dunia untuk SR Nathan

Mantan Presiden Singapura ini wafat di usia 92 tahun akibat stroke.
Belasungkawa Dunia untuk SR Nathan
Mantan Presiden Singapura S. R. Nathan (REUTERS/Kamal Kishore/File Photo)

VIVA.co.id – Para pemimpin dunia, politisi dan diplomat senior, pada Selasa, menyatakan belasungkawa mereka di kepergian mantan Presiden Singapura, SR Nathan. Nathan wafat di Singapore General Hospital (SGH), pada Senin, di usia ke-92 tahun setelah tiga minggu menderita stroke.

Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak, dalam tweet-nya, mengatakan, "Saya belasungkawa mendalam kepada keluarga mantan Presiden Singapura SR Nathan dan masyarakat Singapura," ungkapnya, seperti dikutip dari situs Channel News Asia, Selasa, 23 Agustus 2016.

Nathan juga pernah menjabat Komisaris Tinggi Singapura di Kuala Lumpur, Malaysia, periode 1988-1990.

 


Sementara, di Washington DC, Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Mark Toner, mengaku bahwa sosok SR Nathan sangat berperan dalam mempererat hubungan Singapura dan AS.

"Presiden Nathan adalah seorang abdi negara yang karirnya membentang lima dekade seperti halnya hubungan AS dan Singapura. Kami menyampaikan belasungkawa terdalam kepada keluarga Presiden Nathan dan untuk rakyat Singapura," tutur Toner.

Nathan sendiri menjabat sebagai Duta Besar Singapura untuk AS pada 1990-1996.

 


Adapun, Komisaris Tinggi Inggris di Singapura, Scott Wightman, mengatakan bahwa Nathan merupakan tokoh kenegarawanan Singapura yang melayani rakyatnya tanpa pamrih.

Dia juga menambahkan jika dirinya sangat bersimpati yang mendalam untuk keluarganya dan warga Singapura. "Nathan merupakan seorang patriot sejati yang dimiliki Singapura melalui perbedaan," ujarnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP