TUTUP
TUTUP
DUNIA

138 Calon Haji Gagal di Filipina Dipindah ke Fasilitas KBRI

Pagi ini tim KBRI Manila berupaya mengurus sisa WNI.
138 Calon Haji Gagal di Filipina Dipindah ke Fasilitas KBRI
Ilustrasi Jemaah Haji Indonesia yang berangkat secara resmi. (VIVA.co.id/Arinto Tri Wibowo)

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan, sebanyak 138 dari 177 warga negara Indonesia calon haji gagal di Filipina saat ini sudah dipindahkan ke fasilitas milik KBRI di Manila.

"Sebagian besar dari mereka sudah dipindahkan pukul 00.03 dini hari waktu setempat," kata Retno, dalam keterangan pers, Jumat, 26 Agustus 2016.

Menurut dia, pagi ini tim KBRI Manila akan bertemu dengan pihak Departemen Kehakiman Filipina guna mengurus sisa WNI yang masih tertahan di pusat detensi.

"Kami terus mendesak pihak Filipina agar secepatnya memindahkan seluruh warga Indonesia yang ditahan di Pusat Detensi Imigrasi," ujar Retno.

Alasan pemindahan ini disebabkan karena lokasi pusat detensi tidak terlalu luas untuk menampung ratusan WNI yang gagal naik haji tersebut. Upaya verifikasi terhadap ratusan WNI yang sebagian besar berasal dari Sulawesi itu masih terus dilakukan melalui SIMKIM.

SIMKIM kepanjangan dari Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian yang memuat data WNI. Mengingat masih ada serangkaian proses yang perlu dicek. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP