Kerja Sama Tiga Bidang Perkuat Hubungan RI-Turkmenistan

Duta Besar RI untuk Iran dan Turkmenistan, Octavino Alimudin.
Sumber :
  • pustakahpi.kemlu.go.id

VIVA.co.id – Indonesia dan Turkmenistan sepakat meningkatkan kerja sama bidang politik, ekonomi dan sosial budaya, serta saling mendukung di berbagai forum internasional.

Usut Penyebab Kebakaran Toko Frame di Mampang, Polisi Bakal Gelar Olah TKP Pekan Depan

Hal ini diungkapkan saat Duta Besar RI untuk Iran dan Turkmenistan, Octavino Alimudin, bertemu dan menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Ketua Parlemen Turkmenistan, Akja Nurberdiyewa di Asghabat, Turkenistan.

"Indonesia dan Turkmenistan telah menjalin hubungan bilateral selama lebih dari 24 tahun. Saya berharap agar kesepakatan antara kedua negara dapat segera dilaksanakan, terutama dalam kerja sama antar parlemen," kata Nurberdiyewa, melalui keterangan pers, Jumat, 26 Agustus 2016.

Ngeri, ABG di Bekasi Kini Tawuran Pakai Panah

Di bidang politik, Indonesia-Turkmenistan sepakat untuk segera menandatangani MoU Pembentukan Forum Konsultasi Bilateral dan menyelenggarakan pertemuan konsultasi untuk membahas peluang kerja sama di berbagai bidang.

Sedangkan bidang ekonomi, kedua negara perlu lebih meningkatkan volume perdagangan atas komoditas unggulan seperti tekstil, permesinan, kelapa sawit, bahan makanan, dan elektronika. Adapun bidang sosial budaya, Dubes Octavino mendorong kerja sama pariwisata.

Sri Mulyani Buka Suara soal Rupiah Tembus Rp 16.200 per Dolar AS

Tak hanya itu, pemerintah Indonesia mengundang masyarakat Turkmenistan untuk lebih mengenal budaya Indonesia melalui program beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) dan Dharmasiswa.

Selain bertemu dengan Ketua Parlemen Turkmenistan, Dubes Octavino juga melakukan rangkaian pertemuan dengan Menteri Kebudayaan, Deputi Menteri Luar Negeri, Pejabat Senior Kementerian Ekonomi dan Perdagangan serta Ketua Kamar Dagang Turkmenistan. (ase)

Driver Grab Bike (Foto Ilustrasi).

Honda Motor Sepakat Kolaborasi dengan GrabBike

Kolaborasi akan dilakukan di wilayah Asia Tenggara.

img_title
VIVA.co.id
13 Desember 2016