TUTUP
TUTUP
DUNIA

Pria Tertua Dunia Ternyata Ada di Indonesia

Usianya 145 tahun, dan mengaku sudah "sangat ingin mati."
Pria Tertua Dunia Ternyata Ada di Indonesia
Mbah Gotho, pria asal Sragen yang berusia 145 tahun. (Mirror.co.uk)

VIVA.co.id – Siapa sangka, pria tertua ada di Indonesia? Mbah Gotho, pria yang menetap di Sragen, Jawa Tengah ini, ternyata sudah berusia hampir 146 tahun. Di KTP, disebutkan Mbah Gotho lahir pada 31 Desember tahun 1870.

Nama Mbah Gotho, kini tengah diajukan ke Guinness World Record. Jika tim Guiness World Record berhasil melakukan verifikasi dan mendapatkan data yang akurat soal usia Mbah Gotho, ia bisa dinobatkan menjadi manusia tertua di dunia.

Dikutip dari Telegraph, Minggu 28 Agustus 2016, Mbah Gotho, yang bernama asli Sodimejo, mengaku sudah sangat tak ingin hidup lama. Ia sudah terus berpikir tentang kematian. "Saya ingin mati, seluruh cicit saya sudah mandiri," ujarnya.

Mbah Gotho sudah hidup lebih lama dari 10 saudara kandungnya, empat istrinya, bahkan anak-anaknya. Ia, kini tinggal tak jauh dari kerabat yang masih cucu-cucunya, cicit, bahkan anak dari cicitnya.

Salah satu cucu Mbah Gotho mengatakan, kakeknya telah lama mempersiapkan kematiannya. Ia, bahkan sudah lama membeli sebidang tanah yang berdekatan dengan makam anaknya. "Tanah untuk kuburan itu ia siapkan sejak tahun 1992. Itu artinya, 24 tahun yang lalu," ujar Suryanto, salah satu cucu Mbah Gotho.

Keluarga Mbah Gotho mengatakan, saat ini, beliau lebih banyak menghabiskan waktunya dengan duduk sambil mendengarkan radio, karena matanya sudah tak mampu menatap layar televisi. Selama tiga bulan terakhir, ia harus disuapi dan dimandikan, karena kondisi tubuhnya sudah semakin lemah.

Saat ditanyakan apa resepnya hingga hidupnya bisa sepanjang ini, Mbah Gotho menjawab, "resepnya hanya banyak bersabar."

Pihak kecamatan, mengonfirmasi usia Mbah Gotho benar seperti yang tertera pada KTP. Namun, Mbah Gotho belum bisa masuk dalam catatan dunia, jika data tersebut belum terverifikasi secara independen.

Saat ini, pemegang rekor usia tertua didunia adalah Jeanne Calment, ia meninggal dunia tahun 1997 pada usia 122 tahun. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP