TUTUP
TUTUP
DUNIA

Merkel Minta Turki Tak Membawa Konflik Ke Jerman

Merkel berharap warga keturunan Turki di Jerman untuk loyal.
Merkel Minta Turki Tak Membawa Konflik Ke Jerman
Kanselir Jerman, Angela Merkel. (Reuters/Stefanie Loos)

VIVA.co.id – Kanselir Jerman Angela Merkel meminta, warga Turki yang telah tinggal di Jerman bergabung dengan masyarakat Jerman, dan tak membawa konflik di Turki ke Jerman.

"Ini utama dan penting, tidak membawa konflik yang saat ini melanda Turki ke Jerman," ujar Merkel saat diwawancara oleh kantor berita Jerman ARD, dan dikutip oleh Reuters, Senin, 29 Agustus 2016.  Diwawancara dengan ARD, sikap Merkell pada warga Jerman keturunan Turki sudah lebih lunak. Ia mengatakan, jika warga Turki yang sudah loyal pada Jerman ingin mengambil sikap atas politik yang terjadi di Turki maka itu bukan masalah.

"Tapi jika mereka telah tinggal di negara ini selama bertahun-tahun, dan mungkin telah menjadi warga negara Jerman, dan ambil bagian dalam pembangunan negara kita, jika mereka ingin, mereka sangat diijinkan melakukannya," ujar Merkel menambahkan.

Sebelumnya, Merkel mendapat kecaman setelah wawancaranya dengan koran Passauer Neue Presse pada Selasa pekan lalu terbit. Di wawancara itu Merkel meminta warga Turki yang tinggal di Jerman untuk loyal.

"Kami berharap, mereka yang siapa pun warga Turki yang telah tinggal lama di Jerman untuk ikut mengembangkan kesetiaan yang tinggi pada Jerman," ujarnya, saat itu Namun ucapan Merkel itu membuat warga Jerman keturunan Turki yang telah merasa loyal marah dan mengkritik Merkel.

(mus)


 

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP