TUTUP
TUTUP
DUNIA

30-08-1983: Keturunan Afro-Amerika Pertama yang Mengangkasa

Bluford terbang dengan pesawat Challenger selama 6 hari.
30-08-1983: Keturunan Afro-Amerika Pertama yang Mengangkasa
Astronot Guion S. Bluford dari Angkatan Udara AS. (pics-about-space.com)

VIVA.co.id – Hari ini 33 tahun silam. Letnan Kolonel Guion Stewart Bluford dari Angkatan Udara Amerika Serikat menjadi orang Afrika-Amerika pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa dengan pesawat ulang-alik Challenger.

Melansir situs History, peluncuran tersebut merupakan kali pertama dilakukan di malam hari, di mana banyak orang berbondong-bondong datang hingga larut malam untuk menyaksikan Challenger terbang dari Cape Canaveral, Florida, pada pukul 02.32 pagi waktu setempat.

Challenger menghabiskan enam hari di luar angkasa untuk melaksanakan tugas, yaitu meluncurkan satelit komunikasi India, memperbaiki orbit satelit yang rusak, dan melakukan eksperimen ilmiah serta menguji robot.

Sebelum fajar pada 5 September, pesawat ulang-alik tersebut mendarat di Edwards Air Force Base di California, dan menjadikan hari itu menjadi misi ulang-alik paling sempurna kala itu.

Bluford yang lahir pada 1942, sejak usia dini memang terpesona dengan penerbangan dan memutuskan untuk membangun pesawat. Ia kemudian berkarier di industri pesawat terbang dan bergabung sebagai anggota AU AS. Ia melakukan penerbangan pertamanya pada 1983 sebagai spesialis misi dalam misi ulang-alik ke delapan. Bluford kemudian menerbangkan tiga misi antarjemput dengan penerbangan totalnya mencapai 700 jam di orbit. Pascakembali dari NASA, ia menjadi wakil presiden merangkap manajer umum sebuah perusahaan mesin di Ohio, AS.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP