30-08-1983: Keturunan Afro-Amerika Pertama yang Mengangkasa

Astronot Guion S. Bluford dari Angkatan Udara AS.
Sumber :
  • pics-about-space.com

VIVA.co.id – Hari ini 33 tahun silam. Letnan Kolonel Guion Stewart Bluford dari Angkatan Udara Amerika Serikat menjadi orang Afrika-Amerika pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa dengan pesawat ulang-alik Challenger.

Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang

Melansir situs History, peluncuran tersebut merupakan kali pertama dilakukan di malam hari, di mana banyak orang berbondong-bondong datang hingga larut malam untuk menyaksikan Challenger terbang dari Cape Canaveral, Florida, pada pukul 02.32 pagi waktu setempat.

Challenger menghabiskan enam hari di luar angkasa untuk melaksanakan tugas, yaitu meluncurkan satelit komunikasi India, memperbaiki orbit satelit yang rusak, dan melakukan eksperimen ilmiah serta menguji robot.

Update Corona di Dunia: 10,1 Juta Orang Terpapar, 502.998 Meninggal

Sebelum fajar pada 5 September, pesawat ulang-alik tersebut mendarat di Edwards Air Force Base di California, dan menjadikan hari itu menjadi misi ulang-alik paling sempurna kala itu.

Bluford yang lahir pada 1942, sejak usia dini memang terpesona dengan penerbangan dan memutuskan untuk membangun pesawat. Ia kemudian berkarier di industri pesawat terbang dan bergabung sebagai anggota AU AS. Ia melakukan penerbangan pertamanya pada 1983 sebagai spesialis misi dalam misi ulang-alik ke delapan. Bluford kemudian menerbangkan tiga misi antarjemput dengan penerbangan totalnya mencapai 700 jam di orbit. Pascakembali dari NASA, ia menjadi wakil presiden merangkap manajer umum sebuah perusahaan mesin di Ohio, AS.

Amerika Serikat Batasi Visa bagi Pejabat China

(mus)

Ilustrasi pistol.

Anak 8 Tahun Tewas Akibat Penembakan di Mal Alabama AS

Tiga orang lainnya terluka dalam penembakan tersebut.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2020