TUTUP
TUTUP
DUNIA

6.500 Imigran Libya Diselamatkan dari Ganasnya Lautan

Kondisi Libya yang sedang bergolak membuat ribuan warganya mengungsi.
6.500 Imigran Libya Diselamatkan dari Ganasnya Lautan
Saat kapal imigran terbalik di laut Libya, Mei 2016. (Marina Militare/Handout )

VIVA.co.id – Sekitar 6.500 migran diselamatkan dari lepas pantai Libya dalam salah satu operasi terbesar belakangan ini. Sebanyak 40 misi penyelamatan terkoordinasi berlangsung sekitar 20 km dari kota Sabratha, Libya.

Sebuah rekaman video menunjukan migran yang berasal dari Eritrea dan Somalia itu bersorak dan langsung berenang menuju kapal penyelamat. Sementara migran lainnya tengah menggendong bayi di atas kapal.

Sebelumnya pada hari Minggu, lebih dari 1.100 migran diselamatkan di wilayah yang sama. Ketidakstabilan ekonomi di Libya membuat transaksi perdagangan manusia sangat tinggi di negara itu.

Operasi penyelamatan yang dilakukan Senin kemarin melibatkan kapal Italia serta lembaga perbatasan Uni Eropa Frontex dan LSM Proactiva Open Arms. Para migran tersebut diketahui berangkat menggunakan kapal yang penuh sesak dan bahan bakar yang terbatas sambil berharap diselamatkan oleh kapal Italia.

Tahun lalu, lebih dari satu juta migran, kebanyakan dari mereka melarikan diri dari Suriah, tiba di Eropa dan memicu perpecahan di Komisi Uni Eropa.

Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) menyebutkan, sekitar 106.000 orang telah tiba di Italia tahun ini, sementara 2.726 lainnya tewas dalam perjalanan. Secara keseluruhan, sekitar 248.000 migran telah memasuki Eropa melalui berbagai rute seperti Afrika, Asia dan Timur Tengah.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP