Hari Ini, Ratu Maxima dari Belanda Bertemu Presiden Jokowi

Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima dari Belanda.
Sumber :
  • REUTERS/Dylan Martinez

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno LP Marsudi, bertemu dengan Ratu Belanda, Maxima, yang juga menjabat sebagai utusan khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk isu inklusi keuangan (UN Secretary General's Special Advocate for Inclusive Finance for Development).

RI Bicara Tegas di OKI Minta Tanggung Jawab Bantu Rakyat Afghanistan

Kunjungan Ratu Maxima ke Jakarta adalah untuk membahas implementasi keuangan inklusif di Indonesia. Karena Indonesia merupakan negara yang memiliki peran sangat besar di dunia internasional dalam promosi isu keuangan inklusif.

"Indonesia memiliki beberapa hal yang sudah diterapkan dalam konteks keuangan inklusif, terutama dalam Kredit Usaha Rakyat (KUR). Jadi, pemerintah memiliki keberpihakan yang sangat tinggi dalam menerapkan kebijakan ini," kata Menlu Retno usai menerima kedatangan Ratu Maxima di Gedung Kemlu, Jakarta, Selasa, 30 Agustus 2016.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Menlu Retno menegaskan, Indonesia merupakan satu contoh dari negara berkembang, yang sangat mengedepankan isu ini sekaligus berkontribusi bagi pengalaman mengenai kebijakan yang diimplementasikan dalam memajukan inklusi keuangan.

Keuangan inklusif merupakan gagasan untuk memperluas akses layangan keuangan kepada masyarakat, yang dilatarbelakangi keprihatinan bahwa sekitar 56 persen penduduk dewasa di dunia, tidak mendapatkan akses terhadap jasa keuangan.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Selain isu multirateral, Menlu RI dan Ratu Maxima juga membahas berbagai kerja sama bilateral kedua negara di bidang pendidikan, kebudayaan, kearsipan, pembangunan serta kerja sama perdagangan dan investasi yang menjadi perhatian bersama.

Ratu Maxima juga dijadwalkan pada Rabu pagi ini akan melakukan courtesty call dengan Presiden Joko Widodo, serta bertemu dengan beberapa Menteri di Kabinet Kerja, terutama yang mendukung pelayanan sistem keuangan inklusif.

Menlu Negeri Retno Marsudi saat menyampaikan sambutan di Kongres Indonesianis

ASPINA Belanda Diluncurkan, Bagaimana Prospeknya bagi Ekonomi RI

Apresiasi disampaikan Menlu Retno dalam acara peluncuran ASPINA Belanda yang berlangsung secara fisik dan daring dari KBRI Den Haag pada Kamis kemarin. Lalu?

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2022