TUTUP
TUTUP
DUNIA

Hari Ini, Ratu Maxima dari Belanda Bertemu Presiden Jokowi

Keduanya akan bahas kerja sama bilateral, khususnya inklusi keuangan.
Hari Ini, Ratu Maxima dari Belanda Bertemu Presiden Jokowi
Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima dari Belanda. (REUTERS/Dylan Martinez)

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno LP Marsudi, bertemu dengan Ratu Belanda, Maxima, yang juga menjabat sebagai utusan khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk isu inklusi keuangan (UN Secretary General's Special Advocate for Inclusive Finance for Development).

Kunjungan Ratu Maxima ke Jakarta adalah untuk membahas implementasi keuangan inklusif di Indonesia. Karena Indonesia merupakan negara yang memiliki peran sangat besar di dunia internasional dalam promosi isu keuangan inklusif.

"Indonesia memiliki beberapa hal yang sudah diterapkan dalam konteks keuangan inklusif, terutama dalam Kredit Usaha Rakyat (KUR). Jadi, pemerintah memiliki keberpihakan yang sangat tinggi dalam menerapkan kebijakan ini," kata Menlu Retno usai menerima kedatangan Ratu Maxima di Gedung Kemlu, Jakarta, Selasa, 30 Agustus 2016.

Menlu Retno menegaskan, Indonesia merupakan satu contoh dari negara berkembang, yang sangat mengedepankan isu ini sekaligus berkontribusi bagi pengalaman mengenai kebijakan yang diimplementasikan dalam memajukan inklusi keuangan.

Keuangan inklusif merupakan gagasan untuk memperluas akses layangan keuangan kepada masyarakat, yang dilatarbelakangi keprihatinan bahwa sekitar 56 persen penduduk dewasa di dunia, tidak mendapatkan akses terhadap jasa keuangan.

Selain isu multirateral, Menlu RI dan Ratu Maxima juga membahas berbagai kerja sama bilateral kedua negara di bidang pendidikan, kebudayaan, kearsipan, pembangunan serta kerja sama perdagangan dan investasi yang menjadi perhatian bersama.

Ratu Maxima juga dijadwalkan pada Rabu pagi ini akan melakukan courtesty call dengan Presiden Joko Widodo, serta bertemu dengan beberapa Menteri di Kabinet Kerja, terutama yang mendukung pelayanan sistem keuangan inklusif.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP