31-08-1939: Jerman Siap-siap Invasi Polandia

Pasukan Nazi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Hari ini 77 tahun silam. Pemimpin Nazi Jerman, Adolf Hitler, tengah bersiap untuk memerintahkan pasukannya menyerang Polandia di tengah ancaman intervensi Inggris dan Prancis.

Meski Diprotes, Emmanuel Macron Lanjutkan Perubahan Skema Pensiun

Melansir situs History, Hitler memerintahkan pasukan Jerman bergerak ke perbatasan. Pada malam harinya, pasukan khusus Jerman, S.S., mengenakan seragam militer Polandia menggelar invasi palsu dari Jerman dengan merusak beberapa instalasi kecil di sisi perbatasan.

Mereka juga meninggalkan beberapa tawanan Jerman yang mati dengan mengenakan seragam militer Polandia sebagai bukti kuat atas dugaan invasi Polandia, yang sebenarnya propaganda Nazi, sebagai tindakan yang tidak bisa dimaafkan.

Paris Dilumpuhkan Aksi Mogok, Turis Diminta Jauhi Menara Eiffel

Saat fajar keesokan harinya, 58 divisi tentara Jerman menginvasi Polandia di seluruh perbatasan 1.750 mil. Pakta Muenchen, perjanjian Jerman menyerah dalam Perang Dunia I, batal.

Namun, Inggris dan Prancis tidak akan membiarkan pelanggaran baru Hitler di perbatasan Eropa meluas. Oleh karena itu, Jerman diberi ultimatum untuk menarik kembali seluruh pasukannya pada 3 September atau menghadapi perang.

Prancis Akan Bangun Komando Militer Ruang Angkasa

Tepat pada 3 September pukul 11.15 waktu setempat, berakhirnya tenggat waktu ultimatum Inggris, Perdana Menteri Neville Chamberlain, dalam pidatonya di radio nasional mengumumkan bahwa Inggris berperang dengan Jerman.

Australia, Selandia Baru, dan India, yang merupakan negara Persemakmuran Inggris, segera mengikutinya. Pukul 17.00 sore hari, Prancis resmi mengikuti jejak Inggris yang menyatakan perang terhadap Jerman.

Perang Dunia II pun dimulai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya