TUTUP
TUTUP
DUNIA

Korut Dikabarkan Hukum Mati Wakil Perdana Menterinya

Ia dihukum tembak dengan alasan yang sangat sepele.
Korut Dikabarkan Hukum Mati Wakil Perdana Menterinya
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un (www.wsj.com)

VIVA.co.id – Korea Selatan mengabarkan pemerintah Korea Utara telah mengeksekusi mati Wakil Perdana Menteri, dan menegur dua pejabat tinggi. Jika ini benar, maka ini adalah bagian dari langkah baru Pemimpin Korut, Kim Jong Un, untuk mendisiplinkan para bawahannya.

Juru bicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan, Jeong Joon-hee, mengatakan pemerintah telah mengonfirmasi terjadinya eksekusi atas Kim Yong Jil, seorang pejabat pendidikan. Ia mengatakan, pemerintah Korsel telah melakukan konfirmasi dari berbagai saluran untuk membuktikan kebenaran informasi tersebut. Namun Joon-hee menolak memeberikan rincian lebih lanjut.

Berdasarkan informasi yang terhimpun, seorang pejabat pemerintah Korea Selatan mengatakan kepada Reuters, Rabu, 31 Agustus 2016, Wakil Perdana Menteri Kim Yong Jin dieksekusi hanya karena tidak menjaga postur tubuhnya agar tetap tegak di sebuah acara publik. Eksekusi yang dilakukan oleh regu tembak, berlangsung pada bulan Juli.

Menurut database pemerintah Korea Selatan mengenai pejabat penting di Korea Utara, Kim Yong Jin sebelumnya adalah Menteri Pendidikan, namun tahun 2012 ia dipromosikan menjadi Wakil Perdana Menteri.

Bukan sekali ini Korea Utara melakukan eksekusi pada pejabat tinggi mereka. Meski sulit terkonfirmasi,namun biasanya informasi tersebut akurat.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP