TUTUP
TUTUP
DUNIA

Kronologi Penangkapan Mahasiswa RI di Turki

Rencananya, prapersidangan digelar 6 September.
Kronologi Penangkapan Mahasiswa RI di Turki
Bendera Turki. (Zimbio.com)

VIVA.co.id – Satu mahasiswa Indonesia berinisial SI ditahan oleh Otoritas Turki pada 26 Agustus 2016 lalu. Penangkapan dilakukan saat aparat keamanan melakukan penggeledahan terhadap rumah yang dikelola oleh yayasan yang terkait dengan kelompok Fethullah Gulen.

"Betul, bahwa pada tanggal 26 Agustus mahasiswa kita berinisial SI ditahan oleh Otoritas Turki. Dia berkuliah di Middle East Technical University di Ankara," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia, Lalu Muhammad Iqbal, di Jakarta, Rabu, 31 Agustus 2016.

Ia juga menjelaskan, rumah tempat tinggal mahasiswa tersebut memang telah lama diawasi dan diduga digunakan sebagai tempat aktivitas pihak-pihak yang terkait dengan organisasi ulama yang kini tinggal di Amerika Serikat itu.

"Mahasiwa kita sebelumnya telah dihubungi oleh tim KBRI dan PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) Ankara untuk diminta meninggalkan rumah yang dikelola yayasan tersebut. Namun, ia tidak memenuhi imbauan kita," ujarnya.

Lebih lanjut Iqbal menjelaskan bahwa pada saat pemeriksaan kepolisian, SI telah didampingi oleh pengacara. Apabila dokumen atau barang bukti telah lengkap, rencananya prapersidangan akan dilaksanakan pada 6 September 2016.

"Saya telah meminta Dubes RI di Ankara untuk terus berkoordinasi dengan pengacara dan mengupayakan pembebasan mahasiswa kita," tuturnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP