TUTUP
TUTUP
DUNIA

01-09-1985: Bangkai Kapal Titanic Ditemukan

Titanic 'terbaring' di kedalaman 13 ribu kaki.
01-09-1985: Bangkai Kapal Titanic Ditemukan
Peristiwa Kapal Titanic tenggelam. (www.youtube.com)

VIVA.co.id – Hari ini 31 tahun silam, setelah 73 tahun tenggelam ke dasar Laut Atlantika Utara, ekspedisi bersama Amerika Serikat dan Prancis menemukan lokasi bangkai kapal RMS Titanic.

Badan kapal tersebut ditemukan sekitar 400 mil timur dari Newfoundland di Atlantik Utara. Dilansir dari situs History, ekspedisi ini dipimpin oleh Robert D Ballard asal AS.

Pencarian dilakukan dengan menggunakan kapal selam tak berawak bernama Argo yang dikembangkan oleh Angkatan Laut AS untuk mencari bangkai kapal di dasar laut.

Argo kemudian diturunkan tepat di atas dasar laut dan mengirimkan foto ke kapal penelitian yang bernama Knorr. Tepat 1 September pagi hari, Argo tiba-tiba melewati salah satu bangkai besar Titanic, yang "terbaring" di kedalaman 13 ribu kaki.

Bangkai kapal tersebut kemudian dieksplorasi oleh kapal selam berawak dan tak berawak, sekaligus memberikan titik terang penyebab kapal mewah di zamannya ini tenggelam pada 15 April 1912.

RMS Titanic adalah sebuah kapal penumpang super buatan Inggris Raya yang tenggelam di Samudra Atlantik Utara setelah menabrak sebuah gunung es pada pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris, ke New York, AS.

Tenggelamnya Titanic mengakibatkan kematian sebanyak 1.514 orang dalam salah satu bencana maritim masa damai paling mematikan sepanjang sejarah. Titanic merupakan kapal terbesar di dunia pada pelayaran perdananya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP