Selandia Baru Diguncang Gempa 7,1 SR, Warga Dievakuasi

Gempa Selandia Baru.
Sumber :
  • usgs.gov

VIVA.co.id – Gempa bumi 7,1 SR melanda Pulau Utara Selandia Baru. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 04.00, waktu setempat, Jumat, 2 September 2016. Tujuh gempa susulan dilaporkan terjadi dan sempat dikeluarkan peringatan tsunami.

Deretan Negara yang Memiliki Work Life Balance Terbaik di Dunia, Adakah Indonesia?

Dikutip dari The Guardian,  pusat gempa terpantau di 130 km utara-timur dari Timur Cape komunitas Te Araroa, pada kedalaman 34 km.

Warga dievakuasi dari daerah dataran rendah pesisir setelah peringatan tsunami dikeluarkan, meskipun mereka kemudian menarik peringatan. Warga yang tinggal di pantai dekat kota Gisborne, daerah terdekat pusat gempa, diberitahu untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

5 Negara dengan Persentase Jutawan Tertinggi di Dunia

Sementara itu kereta tertunda di Auckland setelah gempa menyebabkan gangguan pada trek. Seismolog Geonet, Billy Fry kepada Radio Selandia Baru mengatakan bahwa  gempa itu ‘cukup besar’ dan paling signifikan sepanjang sejarah Selandia Baru.

Dia mengatakan gempa susulan antara besarnya 4-5 SR berpotensi terjadi terus di kawasan itu dalam beberapa hari mendatang.

Guru Besar UI Kritik Selandia Baru Tak Peduli soal Pilot Susi Air: Aneh, Apakah Wajar?
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani Bertemu Menkeu Selandia Baru, Ini yang Dibahas

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati bertemu dengan Menteri Keuangan Selandia Baru, Nicola Willis dalam kunjungan kerjanya di Amerika Serikat (AS).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024