RI-Meksiko

Jabar-Guanajuato Bakal Jadi Kota Kembar

VIVAnews - Pemerintah Indonesia dan Meksiko sedang menjajaki kelanjutan pengembangan perjanjian provinsi kembar atau sister
region antara Provinsi Jawa Barat dengan Provinsi Guanajuato.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Deplu Retno LP Marsudi yang menjadi ketua tim delegasi Indonesia dalam Forum Konsultasi Bilateral RI-Meksiko ke-3 di Jakarta, Senin 10 Agustus 2009.

Proses pengembangan itu antara lain terkait bandara terpadu di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. "Jadi, bagaimana mengembangkan
bandara terpadu di Jawa Barat dengan melihat pengalaman di Guanajuato," kata Marsudi.

Menurut duta besar Indonesia untuk Meksiko, Andung A. Nitimihardja, tim dari Guanajuato sudah meninjau lokasi kawasan aero city di Jawa Barat, dan pemerintah Jawa Barat juga sudah menindaklanjuti kerjasama ini di Meksiko.

Meksiko tentu saja akan ikut menanam investasi dalam pembangunan bandara tersebut. Mengenai jumlahnya, Andung enggan menyebutkan. "Jumlah investasi untuk bandara cukup besar, tapi tidak usah disebut, yang penting prospeknya bagus," kata Andung.

Untuk tenaga ahli, kata Andung, pemerintah Indonesia akan meminta Meksiko agar memanfaatkan tenaga ahli dari Indonesia. "Nanti kita campur saja, kami akan minta mereka menggunakan tenaga ahli Indonesia dan juga bantuan lain dari Indonesia," ujar Andung.

Kemnaker Mendukung Penataan NLE dengan Diimbangi Peningkatan Pelindungan Kerja TKBM di Pelabuhan
Vespa World Days 2024 di Pontedera, Italia

Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

Vespa World Days 2024 telah sukses besar di Pontedera, Italia, menandai 140 tahun Piaggio Group dan 78 tahun Vespa diproduksi di kota tersebut.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024