TUTUP
TUTUP
DUNIA

Vatican Gelar Kanonisasi Bunda Teresa Sebagai Orang Suci

Upacara akan dipimpin Paus Fransiskus
Vatican Gelar Kanonisasi Bunda Teresa Sebagai Orang Suci
Bunda Teresa

VIVA.co.id – Bunda Teresa, peraih penghargaan nobel perdamaian, hari ini, 4 September 2016, akan dinobatkan sebagai orang suci dalam upacara resmi di Gereja Vatican.

Dikutip dari kantor berita Reuters, lebih dari 100 ribu jemaat diperkirakan hadir di lapangan Santo Petrus, untuk mengikuti upacara yang akan dipimpin Paus Fransiskus.

Upacara ini digelar untuk menghormati jasa biarawati mungil dari Kolkata, India, yang semasa hidupnya mengabdikan diri merawat masyarakat di kawasan kumuh kota itu.

Semasa hidup, Bunda Teresa dan Misionaris Cinta Kasih selalu dijadikan model belas kasih bagi umat Katolik. Walaupun ada juga yang mengkritik bahwa tindakannya tak mengatasi akar permasalahan yang menyebabkan derita di Kolkata.

Selain itu, tak sedikit yang menudingnya hendak mengubah keyakinan masyarakat India dari Hindu menjadi Katolik. Hal ini dibantah oleh setiap tindakan yang dilakukan selama menjalankan misinya, hingga wafat pada 1997.

"Kesaksiannya membuat kita bercermin dan mengubah diri...dan menjadikan dunia lebih baik," ujar seorang pendeta Brazil, Carlos Jose Nascimento.

Gereja Vatican menetapkan orang suci kepada mereka yang diyakini telah menyebabkan kehidupan kudus seperti di Surga, dan memberi syafaat Tuhan untuk melakukan mujizat.

Bunda Teresa diberikan pujian karena tindakannya turut berjasa menyembuhkan perempuan India dari kanker usus pada 1998, dan seorang pria Brazil dari radang otak di 2008.

Kanonisasi ini juga akan digelar di Skopje, ibu kota Republik Makedonia, di mana, Bunda Teresa dilahirkan pada 1910 dan menjadi biarawati di usia 16.

Sementara di Kolkata, digelar serangkaian doa, diskusi, dan acara kebudayaan, tapi tak ada upacara keagamaan.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP