5-9-1975: Presiden AS Gerald Ford Aman dari Upaya Pembunuhan

Presiden AS Gerald Ford.
Sumber :
  • www.whitehouse.gov

VIVA.co.id – Padai 41 tahun lalu. Presiden Amerika Serikat ke-38, Gerald Rudolf Ford Jr., selamat dari upaya pembunuhan setelah Pasukan Pengamanan Presiden (Secret Service) berhasil menangkap Lynette "Squeaky" Fromme serta mengamankan sepucuk senjata semi otomatis kaliber 45 di Sacramento, California, AS.

Anak 8 Tahun Tewas Akibat Penembakan di Mal Alabama AS

Melansir situs History, Fromme diketahui seorang pengikut pemimpin sekte pembunuhan massal yang di Penjara Alderson, Charles Manson. Aksi Fromme terungkap ketika ia sedang memoncongkan senjatanya ke arah Ford.

Ia menjalani hukuman seumur hidup di Pusat Pengobatan Carswell milik Federal di Fort Worth, Texas. Sementara, 17 hari setelah kejadian, lagi-lagi Ford lolos dari cedera parah dalam upaya percobaan pembunuhan lainnya yang dilakukan Sara Jane Moore.

Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang

Kali ini, Moore, seorang anggota radikal sayap kiri yang pernah menjabat sebagai informan untuk Biro Investigasi Federal (FBI), memiliki sejarah penyakit mental.

Ia ditangkap di tempat kejadian dan dijatuhi hukuman seumur hidup. Moore lalu dikirim ke Federal Lembaga Pemasyarakatan Alderson di West Virginia.

Update Corona di Dunia: 10,1 Juta Orang Terpapar, 502.998 Meninggal

Moore membidikkan senjata api kepada Ford yang sedang meninggalkan Hotel St. Francis di San Francisco pada 22 September 1975.

Tetapi, seorang warga yang kebetulan berada di sana menangkap lengannya sehingga satu-satunya tembakan meleset dari sasaran.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya