Pemimpin Iran Tuding Arab Saudi Bunuh Jemaah Haji

Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei.
Sumber :
  • Reuters/Khamenei.ir/Handout

VIVA.co.id – Pemimpin Spiritual Iran, Ayatollah Ali Khamenei, menuding Arab Saudi membunuh jemaah haji yang tewas dalam tragedi Mina tahun lalu. Menurutnya, jemaah yang terluka saat itu dimasukan dalam kontainer dan tak diberi perawatan medis.

Rudal yang Ditembakkan ke Saudi Bertanda Iran

Tragedi Mina dalam musim haji tahun 2015 lalu masih menyisakan rasa penasaran bagi Iran. Dalam kasus tersebut, pemerintah Saudi mengatakan, korban haji yang tewas berjumlah 769 orang. Namun menurut perhitungan tak resmi, jumlah korban tewas mencapai 2.426 orang, termasuk diantara mereka adalah 400 jemaah Iran dan ratusan jemaah dari Indonesia.

Dikutip dari BBC, Selasa, 6 September 2016, ulama Iran Ayatollah Ali Khamenei dalam situsnya menyampaikan tuduhannya itu. Ia menulis, "aparat Saudi yang keji dan tak punya hati memasukkan korban yang terluka bersama korban yang meninggal dalam kontainer yang terkunci, dan bukannya mengobati mereka atau memberikan minum. Pemerintah Saudi telah membunuh mereka."

Arab Saudi Geram, Lebanon Dianggap Ajak Perang

Melalui tulisan tersebut, Ayatollah Ali Khamenei juga mengecam pemerintah Saudi. "Bukannya meminta maaf, dan menyesalkan, juga mengadili mereka yang bersalah, para penguasa Saudi dengan tidak tahu malu menolak untuk mengizinkan pembentukan Komite Islam Internasional Pencari Fakta," ujarnya menambahkan.

Kisruh haji antara pemerintah Saudi dan pemerintah Iran tak berhenti sejak tragedi Mina tahun lalu. Kedua pemerintahan saling tuding dan saling melemparkan kesalahan. Sejak Mei lalu, penyelenggara haji Iran mengatakan tak akan bisa mengirim jemaah haji tahun ini karena "sabotase oleh pemerintah Saudi terus berlangsung."

Saudi Sebut Iran Hambat Investigasi Penyerangan Kedubes Arab

Menteri Luar Negeri Saudi balik menuduh Iran dengan mengatakan mereka minta perlakuan khusus bagi warganya dan mencari dalih untuk mencegah warga Iran memenuhi kewajiban agama.

(ren)

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei.

Pemimpin Tertinggi Iran: Saudi Khianati Umat Muslim

Masih seputar urusan Palestina.

img_title
VIVA.co.id
19 Januari 2018