Di Irak, ISIS Larang Perempuan Kenakan Cadar

Ilustrasi/Perempuan Muslim Nigeria.
Sumber :
  • www.aljazeera.com

VIVA.co.id – Kelompok militan ISIS dikabarkan telah melarang perempuan mengenakan cadar. Pelarangan itu dilakukan di sejumlah kota di Irak yang masih dalam penguasaan ISIS.

Jet Tempur Prancis dan Irak Kompak Bombardir Markas ISIS di Irak

Pemimpin ISIS di Irak mengatakan, pelarangan tersebut dilakukan setelah sejumlah anggota senior mereka tewas dalam aksi bunuh diri yang dilakukan oleh perempuan bercadar. Padahal sebelum ini, kelompok militan tersebut mengawasi secara ketat penggunaan busana perempuan, termasuk penggunaan cadar. Mereka menghukum siapa saja yang tak mengenakan cadar, bahkan hingga hukuman mati.

Diberitakan oleh Al Alam News Network, seluruh perempuan di Mosul, Irak, dan seluruh wilayah yang berada dalam pengawasan ISIS, meminta Muslimah untuk tetap mematuhi baju khas mereka.

Pangkalan Militer AS di Irak Diserang Rudal

Bagi perempuan di Timur Tengah, melepas cadar atau burka menjadi simbol kemerdekaan bagi mereka yang selama ini tinggal di wilayah yang dikuasai ISIS. Bulan lalu, perempuan di Manbij, Suriah, yang wilayahnya berhasil direbut kembali dari ISIS merayakannya dengan melepaskan cadar dan menari-nari.

Manbij adalah kota penting yang selama ini menjadi tempat transisi bagi jihadis dari luar Suriah untuk memasuki negara tersebut dan menjadi jalan pintas untuk memasok makanan, minuman, dan berbagai perlengkapan dari perbatasan Turki.

Al Salbi 'The Destroyer' Pemimpin ISIS yang Baru, Kejam dan Brutal

(ren)

VIVA Militer : Tentara Irak Serbu Markas Kataib Hizbullah

Mencekam, Kawasan Pusat Pemerintahan Irak Diserang Roket 'Tak Bertuan'

3 roket mendarat di dekat kantor pemerintahan Irak dan kedutaan asing

img_title
VIVA.co.id
28 Agustus 2020