TUTUP
TUTUP
DUNIA

Kanada Mau Dongkrak Kerjasama Bisnis dengan ASEAN

Bagi Kanada, Indonesia adalah mitra dagang signifikan di ASEAN.
Kanada Mau Dongkrak Kerjasama Bisnis dengan ASEAN
Perwakilan Kanada dalam CABF di Jakarta, 8 September 2016. (Viva.co.id/Dinia Adrianjara)

VIVA.co.id – Perhimpunan Negara Asia Tenggara atau ASEAN merupakan salah satu mitra perdagangan yang sangat penting bagi Kanada. Melihat potensi ini, Canada-ASEAN Business Council (CABC) kembali mengadakan pertemuan di Jakarta, untuk mengeksplorasi peluang dan kerjasama multilateral.

"ASEAN merupakan mitra dagang terbesar keenam bagi Kanada, sedangkan Indonesia sendiri adalah negara dengan perekonomian paling signifikan dalam kerjasama ini. Sehingga hal ini menjadi potensi yang paling penting bagi pebisnis Kanada," kata Ketua CABC, Wayne Farmer, kepada wartawan di Jakarta, Kamis, 8 September 2016.

Menurutnya, potensi ASEAN bagi perusahaan Kanada sangat penting dan substansial, namun kehadiran pebisnis Kanada di kawasan ini belum maksimal jika dibandingkan dengan mitra global lainnya. Ia mengatakan bahwa dengan adanya rencana Perdagangan Bebas Kanada dan ASEAN, maka akan membantu setiap negara untuk berfokus pada pengembangan kemitraan bisnis bagi semua pihak.

Dalam hal ini, perdagangan dan investasi Kanada di Asia Tenggara berkembang dengan cepat. Tidak hanya dari segi jumlah, namun hubungan perdagangan Kanada dan ASEAN juga tumbuh di banyak sektor termasuk minyak dan gas, pertambangan, teknologi, telekomunikasi, agrikultur dan pangan, jasa keuangan, penerbangan dan consumer goods.

"ASEAN layaknya titik terang dan Indonesia adalah jangkar hubungan perekonomian dengan Kanada. Sehingga melalui forum bisnis ini kami yakin bahwa akan terbuka peluang-peluang bisnis baru yang juga akan berkontribusi dalam pembangunan di ASEAN," ujar Wayne.

Ini adalah ketiga kalinya CABF digelar dan merupakan yang terbesar hingga saat ini. Forum tersebut mempertemukan lebih dari 250 pemimpin bisnis dan pejabat pemerintah senior dari Kanada dan Asia Tenggara.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
<
TERPOPULER
TUTUP